Perkenalkan: Inilah Pepper X, Cabai Paling Pedas di Muka Bumi

by | Oct 22, 2023

Berita Unik | Cabai | Pangan | Pepper X | Rekor Dunia

FOMOMEDIA – Pertanyaannya sekarang, untuk membuat ayam geprek level pedas 10, berapa cabai Pepper X yang dibutuhkan?

Pepper X kini secara resmi dinobatkan jadi cabai terpedas di dunia. Kabar tersebut telah diumumkan oleh Guinness World Records pada Senin (16/10/2023) lalu.

Dalam siaran pers resmi lembaga pencatat rekor dunia itu, Pepper X memiliki tingkat kepedasan dengan rata-rata 2.693.000 Scoville Heat Unit (SHU). Jenis cabai itu mampu mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Carolina Reaper, yang rata-rata memiliki SHU 1,64 juta. 

Sosok yang memperkenalkan tanaman Pepper X adalah Ed Currie. Pendiri Puckerbutt Pepper Company tersebut memperkenalkan varietas cabai tersebut pada salah satu episode serial YouTube Hot Ones.

Sementara itu, skor Scoville Pepper X yang melampaui Carolina Reaper telah dihitung oleh Universitas Winthrop di Carolina Selatan. Di tempat itu, Pepper X telah mengalami tes menggunakan spesimen dari empat tahun terakhir.

Gara-gara Zat Capsaicin

Penggunaan skala Scoville memang umum digunakan untuk mengukur kepedasan cabai. Metode tersebut pertama kali dibuat dan diperkenalkan oleh apoteker Wilbur Scoville pada tahun 1912.

Selain itu, skala Scoville juga didasarkan pada konsentrasi capsaicin. Zat tersebut merupakan kandungan di dalam cabai yang bisa menimbulkan sensasi terbakar jika bersentuhan dengan jaringan atau lidah manusia.

Zat capsaicin itulah yang membuat rasa cabai begitu pedas. Semakin tinggi kandungan capsaicin, cabai akan semakin pedas.

Diciptakan Satu Orang

Menurut laporan The Guardian, varietas cabai Pepper X dan Carolina Reaper diciptakan oleh orang yang sama, Ed Currie. Sosok tersebut memang memiliki ketertarikan pada dunia “pedas-pedas”.

Dalam proses penciptaannya, Currie mengawinkan Carolina Reaper dengan cabai yang dikirim temannya dari Michigan yang memiliki rasa sangat pedas. Kini, Pepper X baru dicicipi oleh lima orang saja, termasuk Currie. 

“Saat kami membudidayakan cabai ini, hal pertama yang kami cari adalah sesuatu untuk meningkatkan tingkat panas hingga maksimum, dan hal kedua adalah rasanya,” kata Currie, dikutip dari The Guardian.

Tidak untuk Publik

Semenjak ia berhasil mengawinkan jenis tanaman cabainya, Currie tidak akan melepas ke publik. Salah satu alasannya yakni untuk melindungi cabai terpedas ciptaannya itu di bawah kekayaan intelektualnya.

Kata Currie, selama ini banyak orang ingin mencuri Carolina Reaper. Bahkan, ia mengaku ada beberapa perusahaan besar yang ingin mengambil tanaman pedas itu.

“Kita harus melindungi diri kita sendiri. Ini adalah cabai kami dan kami akan membawa dunia keluar bersamanya,” ujar Currie.

Sementara itu, dalam laporan Guinness World Records, setidaknya dibutuhkan kesabaran untuk menciptakan jenis cabai baru. “Diperlukan waktu beberapa tahun agar sifat yang diinginkan muncul melalui pembiakan selektif, dan diperlukan waktu sekitar 10 generasi agar hibrida dapat stabil dengan sifat yang dapat diprediksi dan buah yang konsisten.”

Pertanyaannya sekarang, untuk membuat ayam geprek dengan level pedas 10, berapa cabai Pepper X yang dibutuhkan?

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments