Pengungsi Rohingya di Aceh Diserbu Demonstran Mahasiswa

by | Dec 28, 2023

Aceh | Internasional | Rohingya | Sosial

FOMOMEDIA – Mahasiswa di Aceh melakukan aksi pengusiran etnis Rohingya yang sedang mengungsi. Aksi itu pun mendapat kecaman banyak pihak.

Nasib pengungsi Rohingya di Aceh semakin mengenaskan. Sejak pertama kali mendarat pada 14 November 2023, pengungsi dari Myanmar ini mendapat penolakan dari warga. Paling baru, mereka didemo oleh mahasiswa di Banda Aceh, Rabu (27/12/2023).

Demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa dari beberapa kampus itu diketahui untuk mengusir secara paksa pengungsi Rohingya. Menurut laporan Aceh Kini, peristiwa itu terjadi tepatnya di lantai bawah Balai Meuseuraya Aceh, Kota Banda Aceh.

Diketahui bahwa sebelum pengusiran, belasan laki-laki Rohingya sedang melakukan salat Zuhur berjamaah. Selepas salat, para pengungsi kedatangan massa aksi yang berasal dari kalangan mahasiswa.

Bukan untuk membantu memberikan solusi, puluhan mahasiswa tersebut justru memaksa pengungsi Rohingya angkat kaki. Para pengungsi lainnya pun mencegah aksi yang dilakukan oleh mahasiswa itu.

Polisi yang hadir mengawal para pengungsi tak bisa berbuat banyak. Aparat pun mencegah mahasiswa supaya tidak mendekati para pengungsi Rohingya.

Aksi saling dorong antara demonstran dan aparat dibantu pengungsi pun terjadi. Bahkan, di dalam video yang beredar di pelantar X, terlihat para mahasiswa yang melempari para pengungsi anak-anak dan perempuan yang sedang duduk di bangunan Balai Meuseuraya.

Hingga akhirnya sekitar pukul 15:00 WIB, para demonstran meminta pengungsi Rohingya pindah secara paksa. Para pengungsi pun keluar dari bangunan itu dengan membawa barang-barangnya.

Diarahkan ke Kantor HAM

Para mahasiswa langsung mengarahkan pengungsi Rohingya untuk naik truk. Dengan membentuk barisan di sisi kiri dan kanan, para pencari suaka diminta untuk menaiki truk itu.

Diketahui bahwa para pengungsi Rohingya dibawa ke Kantor Wilayah Hukum dan HAM Aceh. Setelah sampai di tempat itu, demonstran pun berjaga dan mengawal para pengungsi itu supaya diproses.

T. Warizar Ismandar, koordinator aksi, menjelaskan kepada Aceh Kini, bahwa mereka membawa pengungsi ke Wilayah Hukum dan HAM Aceh supaya segera diproses.

“Kami bawa ke kantor Kemenkumham untuk mendeportasi Rohingya dari Aceh,” kata T. Warizar, dikutip dari Aceh Kini.

Mendapat Kecaman

Pengusiran etnis Rohingya di Aceh tersebut telah mendapat kecaman. Tak sedikit warganet yang mengutuk aksi mahasiswa di Banda Aceh itu.

Mahasiswa di Banda Aceh memaksa membubarkan pengungsi Rohingya yang kebanyakan perempuan dan anak-anak. Sampai ketakutan. Barbar!” tulis akun X ber-handle @herricahyadi.

Apa bedanya kalian dengan kelompok beringas tak berpendidikan? Almamater kalian itu simbol pendidikan tinggi. Tapi mental kalian biadab,” lanjut akun itu.

Sementara itu, sejak kedatangan etnis Rohingya di Indonesia, masyarakat dan pemerintah mendapatkan dilema baru. Masyarakat pun terpecah menjadi dua kubu: “menerima” atau “menolak” kedatangan kelompok etnis itu.

Di media sosial seperti TikTok dan X tak sedikit yang menarasikan bahwa pengungsi Rohingya tidak menghargai bantuan makanan. Bahkan, perilaku pengungsi Rohingya pun ada yang menganggap serba tidak bersyukur. Belakangan, diketahui bahwa banyak dari konten anti-Rohingya ini, khususnya yang mengatasnamakan UNHCR, merupakan hoaks.

Pernyataan capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, juga tidak membantu. Katanya, “Masih banyak rakyat kita yang hidupnya masih susah, jadi tidak begitu fair kalau kita harus menerima semua pengungsi itu menjadi beban kita.”

Narasi-narasi anti-Rohingya ini semakin memperkeruh suasana yang sebetulnya sudah keruh. Akibatnya, aksi pengusiran seperti yang dilakukan mahasiswa di Aceh pun bisa terjadi.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Tree Mail

My brother recommended I might like this web site He was totally right This post actually made my day You cannt imagine just how much time I had spent for this information Thanks

Tree Mail

Hello i think that i saw you visited my weblog so i came to Return the favore Im trying to find things to improve my web siteI suppose its ok to use some of your ideas