Pendiri Eagles Randy Meisner Meninggal Dunia

by | Jul 28, 2023

Eagles | Hiburan | Internasional | Musik | Obituarium | Randy Meisner

FOMOMEDIA – Sosok Randy Meisner memang tak bisa dipisahkan dari Eagles. Meski sempat berpisah, petikan bas Meisner akhirnya kembali menghidupkan Eagles.

Kabar duka datang dari salah satu pendiri Eagles, Randy Meisner, yang mengembuskan napas terakhirnya di usia 77 tahun. Pria kelahiran Nebraska, Amerika Serikat, 8 Maret 1946, itu meninggal, Rabu (26/7/2023) malam waktu setempat, di Los Angeles karena komplikasi dari penyakit paru-paru.

Menurut laporan The Guardian, Meisner sebelum meninggal dunia tengah mengalami banyak kesengsaraan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu kesengsaraan itu Meisner alami ketika istrinya, Lana Rae Meisner, bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri pada 2016.

Nama Meisner mulai dikenal luas oleh publik ketika ia membentuk grup band klasik bernama Eagles pada awal dekade 1970-an. Meisner bersama Don Henley, Glenn Frey, dan Bernie Leadon mampu mencuri perhatian dunia kala itu.

“Randy adalah bagian integral dari Eagles dan berperan penting dalam kesuksesan awal band. Jangkauan vokalnya mencengangkan, seperti yang terlihat pada balada khasnya, ‘Take It to the Limit’,” kata pernyataan Eagles, dikutip dari The Guardian.

Sejak awal pembentukan, Meisner turut berperan dalam menjadikan Eagles sebagai band bergenre country rock. Namun, seiring ketenaran grup tersebut, Meisner yang menjadi bassist itu pun ikut berevolusi menjadikan Eagles beralih ke hard rock.

Dalam beberapa dekade berikutnya, Meisner bersama Eagles turut menghasilkan beberapa single dan album. Beberapa single tersebut mulai dari “Take It Easy”, “Desperado”, “Hotel California”, dan “Life in the Fast Lane”. 

Sementara, album yang mereka rilis yakni Hotel California dan Their Greatest Hits. Dua album Eagles itulah yang menjadi populer sepanjang masa.

Keluar dari Eagles

Meski berstatus sebagai salah satu pendiri dan meraih kesuksesan bersama Eagles, Meisner akhirnya memilih keluar dari grup band itu. Meisner meninggalkan Eagles setelah rilisnya album Hotel California pada tahun 1976.

Sosok Meisner di dalam puncak kariernya bersama Eagles itu sedang diterpa masalah pribadi dan sesama personel. Meski meraih kesuksesan dan sering lakukan tur, Meisner merasa tidak nyaman.

Ia sering terlibat pertengkaran dengan sesama anggota Eagles. Permasalahan lain yang harus dihadapi Meisner yakni ketika ia harus bisa membagi waktu antara keluarga dan grup musiknya itu.

Dari berbagai rangkaian konflik itulah Meisner memutuskan keluar dari Eagles pada tahun 1977. Ia merasa capek telah melakukan perdebatan antaranggota. 

Solo Karier

Meski telah keluar dari Eagles, dunia tarik suara tak bisa menghentikan Meisner untuk berkarya. Ia pun akhirnya menjadi solois. 

Meisner pun merilis dua album solonya bertajuk Randy Meisner pada tahun 1978 dan menyusul dua tahun kemudian One More Song.

Karier solo Meisner bisa dibilang cukup sukses. Bahkan, kesuksesan Meisner secara pribadi hampir mendekati Eagles.

Selain itu, menariknya dari sosok Meisner dan grup Eagles ini memang tak bisa dipisahkan. Meski sudah lama berpisah, keduanya tetap memiliki kedekatan tersendiri.

Hingga akhirnya menjelang abad 21, Meisner diajak untuk melakukan tur bersama Eagles. Pada tahun 1998 Eagles dalam konser di New York menampilkan ketujuh anggota Eagles dahulu dan terbaru, termasuk Meisner.

Hingga tur-tur Eagles berikutnya, Meisner selalu hadir. Kedekatan Meisner dengan Eagles memang tak bisa dipisahkan. Ia yang merangkap sebagai vokalis tersebut memang menjadi salah satu napas Eagles.

Selamat jalan, Meisner!

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments