Pencarian Besar-besaran Monster Loch Ness Digelar di Skotlandia

by | Aug 29, 2023

Internasional | Legenda | Loch Ness | Nessie | Skotlandia

FOMOMEDIA – Keberadaan monster di Danau Loch Ness, Skotlandia, masih menjadi misteri. Monster kriptid bernama Nessie itu dianggap benar-benar ada.

Sebuah misi pencarian besar-besaran terhadap monster kriptid di Danau Loch Ness, Skotlandia, kembali dilakukan akhir pekan lalu. Setidaknya hampir 300 orang mendaftar dan terlibat untuk mencari keberadaan Nessie, sebutan untuk makhluk itu.

Misi pencarian Nessie kali ini menjadi yang terbesar dalam 50 tahun terakhir. Apalagi, pencarian itu dilakukan lantaran kisahnya telah bertahan selama berabad-abad hingga dewasa ini.

Banyak masyarakat sekitar yang percaya bahwa Nessie memang benar-benar ada. Para peneliti dan masyarakat terus mencoba mengumpulkan bukti keberadaan makhluk itu.

Menurut laporan BBC, kisah Nessie memang sudah ada selama berabad-abad. Namun, dalam 90 tahun terakhir mitos modern tentang Nessie baru saja dimulai. 

Tepat pada April 1933, seorang manajer hotel bernama Aldi Mackay mengatakan dia telah melihat makhluk menyerupai ikan paus di Loch Ness. Sementara itu, surat kabar Inverness Courier melaporkan penampakan tersebut sebagai “monster”.

Sejak saat itulah misteri Nessie selalu menjadi kisah dalam serial buku, acara televisi, dan film. Bahkan, adanya misteri tersebut telah mendongkrak pariwisata yang besar untuk wilayah Danau Loch Ness.

“Ada seratus sukarelawan yang berjejer di tepian Loch Ness hari ini, semuanya berupaya menemukan jawaban atas apa itu Monster Loch Ness,” kata Paul Nixon, manajer umum Loch Ness Center, dikutip dari BBC.

“Beberapa penampakan terbaru yang pernah saya lihat adalah kontak sonar—yang menunjukkan benda-benda di dalam air pada kedalaman,” lanjutnya.

Nixon juga mengungkapkan bahwa dirinya pernah melihat sebuah benda seukuran mobil di danau. Namun, ketika ia memeriksa kembali, benda di dalam danau itu telah menghilang.

Pencarian yang Terus Gagal

Pencarian pada tahun ini memang paling besar dan meraih antusiasme masyarakat umum. Namun, sebelum ini, pencarian dengan skala masif pun sebetulnya sudah pernah dilakukan.

Biro Investigasi Loch Ness, menurut BBC, pernah melakukan pencarian pada 1972. Namun, biro yang didirikan sejak 1960 tersebut tidak berhasil menemukan bukti apa pun tentang keberadaan monster kriptid tersebut.

Akhirnya, misi itu dihentikan pada 1977. Mereka tidak bisa mengungkap bukti signifikan tentang keberadaan Nessie.

Namun, upaya pencarian terhadap monster tersebut tidak berhenti. Pada 1987 terdapat Operasi Deepscan yang bertujuan untuk menemukan Nessie. 

Pada pencarian tahun tersebut, para tim pencari sempat mendeteksi sesuatu yang tidak bisa dijelaskan. Mereka mendapati sebuah puing-puing besar yang tidak diketahui benda apa itu.

Kemudian pada tahun 2019, para ilmuwan mengatakan bahwa makhluk di balik penampakan itu adalah belut raksasa. Namun, hal tersebut masih dugaan semata.

Hingga kini, misteri keberadaan Nessie memang menarik untuk diketahui. Jika makhluk raksasa itu benar-benar ada, maka ia perlu dijaga.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Pencarian Besar-besaran Monster Loch Ness Digelar di Skotlandia […]