Panduan Boikot yang Baik dan Benar untuk Dukung Palestina

by | Oct 31, 2023

Boikot | Internasional | Israel | Palestina | Politik

FOMOMEDIA – Seruan boikot muncul untuk menekan beberapa perusahaan perusahaan internasional yang mendukung Israel. Apa sajakah?

Berbagai gerakan dukungan mengalir untuk masyarakat Palestina. Salah satunya dengan memboikot perusahaan dan produk yang mendukung Israel.

Seruan boikot tersebut menyebar di berbagai platform media sosial. Termasuk apa yang dilakukan oleh Gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) di Indonesia.

Melalui akun X-nya, Gerakan BDS Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk memboikot dan menekan beberapa perusahaan yang mendukung genosida Israel terhadap masyarakat sipil Palestina.

Tentunya buat kita ini udah bukti yang cukup buat memboikot beberapa brand yang terlibat mendukung proses genosida Israel terhadap Palestina yang saat ini masih terus berlangsung dengan keji,” tulis Gerakan BDS di Indonesia.

Dalam sebuah poster yang diunggah, Gerakan BDS di Indonesia memiliki tujuh target utama. Yakni: Hewlett Packard (HP), Puma, AXA, Siemens, Ahava, Carrefour, dan SodaStream.

Sementara, beberapa perusahaan yang menurut mereka perlu ditekan secara sosial ialah Domino’s Pizza, Starbucks, McDonald’s, Burger King, Papa John’s, dan Pizza Hut. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman itu diketahui telah memberikan dukungan kepada tentara Israel.

Memboikot dengan Cerdas

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, boikot dijelaskan sebagai gerakan untuk menolak kerja sama. Sementara, menurut Gerakan BDS di Indonesia, boikot dipahami sebagai gerakan berhenti mendukung pihak-pihak yang terlibat atau menormalisasi kejahatan apartheid dan genosida yang dilakukan oleh Israel terhadap rakyat Palestina.

Gerakan ajakan boikot beberapa perusahaan tersebut tentu tidak sembarangan. Menurut keterangan Gerakan BDS di Indonesia, mereka sudah memiliki beberapa bukti bahwa para target telah berperan membantu Israel. Selain memberikan target-target boikot, gerakan tersebut juga mengajak warganet supaya mengetahui cara memboikot yang baik dan benar.

Menurut gerakan tersebut, boikot tetap diperlukan lantaran Israel telah melakukan dua hal, yakni apartheid dan genosida terhadap masyarakat sipil Palestina. Apartheid merujuk pada kontrol penuh dan pemisahan masyarakat Palestina oleh Israel. Sedangkan, genosida telah dilakukan oleh Israel lewat serangan membabi buta dan berbagai kejahatan perang, terutama di Gaza.

Selain itu, gerakan boikot tersebut ditujukan agar masyarakat berhenti membeli produk dari perusahaan Israel atau perusahaan internasional yang mendukung perampasan hak-hak rakyat Palestina.

Lalu, Mengapa Perlu Boikot?

Gerakan boikot memang bukan sebuah hal baru. Istilah yang merujuk pada gerakan penolakan tersebut sudah ada sejak abad ke-19. Namun, dewasa ini, mengapa gerakan ini khususnya diperlukan untuk menyelamatkan Palestina?

Kalau kita sama-sama fokus ke target utama dengan jumlah perusahaan/produk yang sedikit tadi, kita jadi punya dampak yang maksimal,” tulis Gerakan BDS di Indonesia dalam utasnya.

Seperti perusahaan HP misalnya. Dalam gerakan boikot tersebut, dijelaskan bahwa HP telah menyediakan database penduduk di sistem apartheid, termasuk permukiman ilegal yang dirampas dari tanah Palestina.

Sementara itu, brand Puma juga tak lepas dari target Gerakan BDS di Indonesia. Puma saat ini telah menjadi sponsor utama tim sepak bola Israel. Dikarenakan adanya afiliasi, produk tersebut jadi target boikot.

Dengan adanya seruan tersebut, Gerakan BDS di Indonesia berharap supaya perusahaan tersebut memberikan tekanan kepada Israel supaya mematuhi hukum internasional. Apalagi, saat ini perekonomian Israel sangat bergantung pada perdagangan dan investasi internasional.

Kami mengapresiasi masyarakat luas semakin sadar pentingnya perjuangan menghentikan kejahatan Israel,” pungkas Gerakan BDS di Indonesia.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments