Pabrik Bir China Boncos Gara-gara Pegawai Kencing Sembarangan

by | Oct 28, 2023

Berita Unik | China | Internasional | Minuman

FOMOMEDIA – Perusahaan bir Tsingtao dari China dirugikan gara-gara sebuah rekaman video pegawai kencing di pabrik. Warganet menduga bir telah tercampur air kencing.

Sebuah perusahaan bir di Tiongkok bermerek Tsingtao mengalami kerugian gara-gara rekaman video yang menunjukkan seorang pegawainya kencing. Bukan di toilet, pria yang terlihat di video justru kencing di tong pabrik.

Dalam video tersebut menunjukkan pegawai pabrik mengenakan topi keras dan pakaian biru masuk ke dalam tong. Di dalam wadah tong besar, pria itu langsung kencing sembarangan. Diduga, air kencing itu mengalir ke bagian bahan produksi bir.

Menurut laporan Sky News, gara-gara insiden yang ramai di jagat maya itu, pihak Tsingtao pun melakukan penyelidikan. Parahnya, gara-gara video tersebut, saham Tsingtao langsung anjlok.

Saat Bursa Efek Shanghai ditutup hari Jumat (20/10/2023), saham Tsingtao turun 1 persen. Dengan adanya kabar tersebut, pada Senin (23/10/2023) Tsingtao turun lagi 7,5 persen.

Tsingtao sendiri diketahui jadi salah satu jenama populer di Tiongkok. Bahkan, di pasar global, pabrik tersebut jadi produsen bir terbesar keenam di dunia.

Ditarik dari Peredaran

Gara-gara adanya insiden pegawai kencing tersebut, produksi bir pun dihentikan. Bahkan, hasil produksi pada hari di mana sang pegawai kencing itu pun langsung distop peredarannya.

“Kami melaporkan kejadian tersebut kepada polisi sesegera mungkin, dan organisasi keamanan publik terlibat dalam penyelidikan,” kata juru bicara Tsingtao, dikutip dari Sky News.

“Saat ini, batch malt tersebut telah disegel seluruhnya. Perusahaan terus memperkuat prosedur manajemen dan memastikan kualitas produk,” lanjutnya.

Sementara itu, berita lokal Tiongkok menyebut bahwa ada dugaan bahwa di dalam video itu bukanlah pegawai Tsingtao, melainkan pekerja outsourcing.

Namun, lantaran video insiden sudah kadung viral, Tsingtao pun didesak untuk membuktikan siapa sebenarnya pelaku kencing sembarangan itu. Apalagi, warna bir tak jauh berbeda dengan warna air seni.

“Aku selalu bilang bir di sini seperti kencing kuda,” kata seorang pengguna Weibo, media sosial China, merujuk pada berita Tsingtao.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments