“Now and Then”, Lagu Terakhir The Beatles dengan Bantuan AI Akan Segera Dirilis

by | Oct 29, 2023

Musik | Now and Then | The Beatles
The Beatles

FOMOMEDIA – Meski sudah bubar, The Beatles dikabarkan akan merilis lagu baru. Dengan bantuan AI, lagu tersebut akan rilis bulan depan.

Siapa yang tak kenal The Beatles? Ya, salah satu grup musik legendaris asal Inggris itu sudah lebih dari 50 tahun bubar. Namun, selama lebih dari setengah abad, The Beatles dikabarkan bakal merilis “lagu terakhirnya”.

“Now and Then” akan menjadi “lagu terakhir” band asal Liverpool itu. Rencananya lagu tersebut akan dirilis pada 2 November mendatang.

Sudah bubar, tapi masih merilis lagu? Pasti pertanyaan itulah yang sedang terlintas di pikiran.

Menurut laporan BBC, “Now and Then” merupakan hasil rekaman lawas John Lennon yang dilakukan pada 1970-an. Namun, dikarenakan tidak tuntas, akhirnya lagu tersebut tidak kunjung dirilis.

Penulisan lirik dilakukan Lennon ketika The Beatles belum bubar. Namun, sayangnya lagu itu dianggap telah bocor dan beredar secara ilegal selama bertahun-tahun.

Sementara itu, rekaman yang belum sempat dipasarkan secara legal itu hanya disimpan oleh Yoko Ono, istri Lennon. Ketika Lennon ditembak mati di luar gedung apartemennya pada 1980, Ono kemudian menyerahkan rekaman “Now and Then” kepada Paul McCartney.

Dari situlah rekaman “Now and Then” masih terawat hingga dewasa ini. Sementara, pentolan The Beatles yang masih hidup hanya tersisa dua orang saja. Mereka adalah Paul McCartney dan Ringo Starr. 

Selain McCartney dan Starr, ada juga George Harrison yang turut berperan mengotak-atik lagu itu. Tiga orang tersebut berkontribusi atas “Now and Then” yang akan dirilis bulan depan.

Baca juga:

Pakai Teknologi AI

Penggunaan teknlogi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) berperan penting dalam pembuatan “Now and Then”. Menurut McCartney, ia mengungkapkan bahwa teknologi AI digunakan untuk mendapatkan suara Lennon dari rekaman di kaset lama.

“Itu dia, suara John, jernih sekali. Cukup emosional. Dan kita semua memainkannya, itu rekaman asli Beatles. Tahun 2023 masih menggarap musik Beatles, dan akan merilis lagu baru yang belum didengar publik, menurutku itu hal yang menarik,” kata McCartney, dikutip dari BBC.

Sementara itu, menurut Starr, lagu “Now and Then” mengingatkannya pada Lennon ketika masih bermain di The Beatles. Ingatannya bersama rekannya di masa lalu terasa baru saja terjadi dan begitu dekat.

Selain itu, rencananya, “Now and Then” akan ditampilkan dalam versi remaster baru dari album Red and Blue. Album tersebut rencananya akan rilis pada 10 November 2023.

Lagu tersebut sudah dirampungkan McCartney dan Starr sejak tahun lalu. Di dalam versi tambahan penggunaan teknologi AI, “Now and Then” berhasil dikombinasikan dengan tambahan vokal, drum, bass, gitar, dan piano baru.

Seperti apa lagu The Beatles yang dibuat dengan rekaman AI itu? Mari kita nantikan bulan depan.

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] ingatkah dengan peristiwa kematian John Lennon? Ya, vokalis The Beatles tersebut ditembak mati pada 8 Desember 1980 oleh seorang penggemarnya di sebuah apartemen di New […]