Negara Bagian Maine Ikut Diskualifikasi Donald Trump pada Pilpres AS

by | Dec 29, 2023

Amerika Serikat | Donald Trump | Internasional | Politik

FOMOMEDIA Setelah MA Colorado mendiskualifikasi Donald Trump dalam pemilihan presiden 2024, kini diikuti oleh negara bagian Maine.

Diskualifikasi pemilu kepada Donald Trump tak hanya dilakukan oleh Mahkamah Agung (MA) Colorado. Kali ini, Maine menjadi negara bagian Amerika Serikat (AS) kedua yang melarang keberadaan mantan presiden itu di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Maine Shenna Bellows. Politisi dari Partai Demokrat itu turut memeriksa kasus pemberontakan konstitusional yang dilakukan Trump pada 6 Januari 2021 di Capitol.

“Saya tidak menganggap enteng kesimpulan ini,” kata Bellows, dikutip dari The Guardian

“Saya sadar bahwa tidak ada Menteri Luar Negeri yang pernah mencabut akses pemungutan suara calon presiden berdasarkan Amandemen ke-14 Konstitusi AS. Namun, saya juga sadar bahwa belum pernah ada calon presiden yang terlibat dalam pemberontakan,” lanjutnya.

Demokrat Mulai Bergerak

Sebelumnya, Trump secara resmi dinyatakan didiskualifikasi oleh MA Colorado pada Selasa (19/12/2023). Ia dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk menjabat sebagai presiden AS lagi.

Dalam diskualifikasi itu telah menggegerkan dunia perpolitikan Negeri Paman Sam. Gara-gara diskualifikasi itu, tak sedikit pihak, bahkan dari Partai Republik, menuduh keterlibatan Partai Demokrat.

Namun, Demokrat dalam pelarangan keikutsertaan Trump di Colorado tidak begitu banyak berkomentar. Bahkan, partai itu menganggap bahwa suara di Colorado tidak begitu berpengaruh.

Sementara, kali ini dengan diskualifikasi yang dipimpin oleh Bellows, Demokrat dianggap telah semakin bergerak secara terang-terangan dalam mengamankan suara di pilpres tahun depan.

BACA JUGA:

Menurut The Guardian, Trump menjadi salah satu calon terdepan dari Partai Republik. Untuk mempertahankan pria kelahiran 14 Juni 1946 ini, tim kampanye Trump melakukan pembelaan.

“Jangan salah, upaya campur tangan partisan dalam pemilu ini merupakan serangan bermusuhan terhadap demokrasi Amerika,” kata Steven Cheung, juru bicara tim kampanye Trump.

Diskualifikasi Sebelum di Pengadilan

Kasus diskualifikasi yang terjadi di Maine memang cukup unik dan beda. Pasalnya, jika dibandingkan dengan Colorado, diskualifikasi kepada Trump dilakukan sebelum adanya keputusan resmi dari pengadilan.

Di negara bagian itu, peran Bellows sangat sentral. Ia didapuk secara langsung untuk mengawasi pemilu di Maine. Salah satu tugasnya yakni diharuskan membuat keputusan awal tentang diskualifikasi sebelum dipertimbangkan oleh pengadilan. 

“Saya sadar bahwa tidak ada menteri luar negeri yang pernah mencabut akses pemungutan suara calon presiden berdasarkan pasal tiga Amandemen ke-14. Namun, saya juga sadar bahwa tidak ada calon presiden yang pernah terlibat dalam pemberontakan,” ujar Bellows, dikutip dari BBC.

Amandemen ke-14 Momok Menakutkan Trump

Dalam putusan yang dilakukan oleh MA Colorado, Trump didakwa dengan keputusan setebal 34 halaman. Ia dicopot lantaran adanya Amandemen ke-14 Konstitusi AS.

Lalu, sebenarnya apa itu Amandemen ke-14 ini? Menurut laporan BBC, Amandemen ke-14 diratifikasi setelah Perang Saudara Amerika. Bagian/Pasal 3 diterapkan untuk melarang kelompok separatis kembali ke jabatan pemerintahan sebelumnya setelah negara bagian selatan bergabung kembali dengan Persatuan.

Undang-undang itu juga digunakan untuk melawan orang-orang seperti presiden Konfederasi Jefferson Davis dan wakil presidennya Alexander Stephens. Kedua sosok yang pernah bertugas di Kongres itu sempat dijerat Amandemen ke-14.

Setelah kasus tersebut, Amandemen ke-14 jarang digunakan lagi. Hingga akhirnya Trump terlibat dalam kerusuhan di Capitol 2021.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Republik. Apalagi, mantan presiden itu saat ini sedang menjalani berbagai sidang dakwaan terkait kerusuhan Capitol pada Januari 2021 […]

[…] Negara Bagian Maine Ikut Diskualifikasi Donald Trump pada Pilpres AS […]

[…] Trump lagi-lagi membuat gaduh. Kali ini, bukan permasalahan pemberontakan konstitusi yang menjeratnya, tetapi ia dianggap telah memaksa untuk bisa tampil di film Home Alone 2: Lost In […]