Menlu Retno Marsudi Kutuk Serangan atas RS Indonesia di Gaza

by | Nov 21, 2023

Gaza | Indonesia | Internasional | Israel | Palestina

FOMOMEDIA – Serangan terhadap RS Indonesia di Gaza menewaskan 12 orang dan membuat 200 pasien harus dievakuasi.

Rumah Sakit (RS) Indonesia kembali menjadi target serangan militer Israel, Minggu (19/11/2023) malam.

Serangan awalnya menyasar bangunan rumah sakit. Namun, perlahan-lahan pasukan Israel akhirnya melakukan operasi militer di dalam rumah sakit tersebut. 

Menurut The Guardian, Kementerian Kesehatan di Gaza mengatakan setidaknya 12 orang tewas. Dalam sebuah rekaman video yang disiarkan Al Jazeera, terdapat beberapa kerusakan pada bangunan.

Serangan yang terjadi malam menjelang dini hari itu membuat suasana RS Indonesia mencekam. Marwan Abdallah, salah satu petugas medis, mengatakan bahwa serangan mengarah persis ke arah rumah sakit. Menurutnya, banyak anak-anak dan perempuan yang ketakutan akibat suara ledakan tangki dan tembakan yang terus terdengar.

Terkait serangan tersebut, pihak Israel belum memberikan keterangan resmi. Namun, mereka sudah menganggap sejak jauh hari bahwa di RS Indonesia dianggap memiliki pintu terowongan yang dimanfaatkan oleh Hamas.

200 Pasien Dievakuasi

Gara-gara serangan jalur darat tersebut, para pasien ketakutan. Akibatnya, sekitar 200 pasien yang dirawat di RS Indonesia harus dievakuasi.

Para pasien tersebut, kata Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf al-Qudra, dievakuasi menggunakan bus. Para pasien pun dibawa ke RS Nasser di kota selatan Khan Yunis. 

“Kami khawatir hal yang sama akan terjadi di sana seperti yang terjadi di Al-Shifa,” kata Qudra, dikutip dari The Guardian.

Sementara itu, meski berhasil mengevakuasi 200 pasien, di dalam RS Indonesia masih ada 400 pasien lagi. Para relawan yang berasal dari Komite Internasional Palang Merah berpacu dalam waktu sebelum pasukan Israel memasuki RS Indonesia itu.

Indonesia Kutuk Israel

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengutuk tindakan Israel. Serangan yang mengarah ke RS Indonesia tersebut jelas merupakan bentuk pelanggaran hukum kemanuiaan internasional.

“Indonesia mengutuk sekeras-kerasnya serangan Israel ke Rumah Sakit Indonesia di Gaza yang menewaskan sejumlah warga sipil. Serangan tersebut merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum humaniter internasional,” kata Retno, dikutip dari Detik News.

“Semua negara, terutama yang memiliki hubungan dekat dengan Israel, harus menggunakan segala pengaruh dan kemampuannya, untuk mendesak Israel menghentikan kekejamannya,” lanjutnya.

Sementara itu, akibat serangan di RS Indonesia itu, kata Retno, pihaknya kehilangan kontak dengan tiga warga negara Indonesia (WNI). Tiga WNI tersebut diketahui menjadi relawan di RS Indonesia.

Retno hingga kini masih melakukan komunikasi lebih lanjut dengan World Health Organization dan Palang Merah Internasional. Namun, untuk kontak dengan pihak RS Indonesia belum bisa dilakukan.

Puluhan Jurnalis Terbunuh

Selain rumah sakit, tentara Israel juga menyasar para jurnalis internasional yang bekerja melakukan peliputan. Sejak konflik pertama kali pada 7 Oktober 2023 lalu, hingga saat ini, Committee to Protect Journalists (CPJ), mencatat ada 50 jurnalis yang tewas akibat serangan Israel.

Selain itu, dalam laporan yang dirilis pada Senin (20/11) kemarin itu, CPJ juga mencatat setidaknya ada 11 jurnalis yang terluka. Selain itu, ada pula 18 jurnalis yang dilaporkan ditangkap dan tiga jurnalis belum diketahui keberadaannya.

“CPJ menekankan bahwa jurnalis adalah warga sipil yang melakukan pekerjaan penting selama masa krisis dan tidak boleh menjadi sasaran pihak-pihak yang bertikai,” kata Sherif Mansour, koordinator program CPJ di Timur Tengah dan Afrika Utara, dikutip dari laman resmi lembaga itu.

Dalam laporan tersebut, CPJ juga merilis daftar nama-nama jurnalis yang telah menjadi korban akibat konflik tersebut.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Menlu Retno Marsudi Kutuk Serangan atas RS Indonesia di Gaza […]

[…] Menlu Retno Marsudi Kutuk Serangan atas RS Indonesia di Gaza […]