Mencuri Hewan Reptil Aligator untuk Kado Ulang Tahun

by | Oct 1, 2023

Hewan | Internasional | Kriminal
Hewan reptil aligator untuk ulang tahun

FOMOMEDIA – Seorang wanita di Florida diketahui membawa hewan reptil aligator ke sebuah kamar hotel.

Seorang wanita bernama Madison Stephan diketahui mencuri aligator dari sebuah taman reptil dan peternakan aligator, Croc Encounters, Tampa, Florida, Amerika Serikat. 

Diketahui Stephan sempat bekerja di Croc Encounters dan masih memiliki kunci taman reptil tersebut. 

Stephan membuka pintu taman tersebut dengan kunci yang ia miliki. Ketika itu, penjaga taman belum datang, kemudian ia menangkap salah satu aligator. 

Sesuai laporan dari New York Post, Stephan mengambil aligator tersebut tanpa izin, lalu dibawa ke hotel untuk difoto pada hari ulang tahunnya. 

Sesampai di hotel Grove Resort and Water Park di Winter Garden, Stephan menyimpan hewan reptil itu ke dalam bak mandi. 

Paska sesi foto, ia meninggalkan buaya tersebut di bak kamar mandi hotel. Tak berlama kemudian, petugas hotel mendatangi kamar dan melihat seekor aligator remaja yang sedang kedinginan di bak mandi. 

Setelah itu, pihak pengelola hotel melaporkan kepada Kantor Sherif Orange Caunty. Selanjutnya, laporan tersebut diambil alih oleh petugas Florida Fish and Wildfile Conversation Commission (FWC). 

Kejutan untuk Teman

Pihak FWC mendatangi Grove Resort and Water Park dan menyelamatkan aligator pada 4 September 2023. 

Hewan reptil aligator
Aligator di sebuah bak mandi (Sumber: Fox Weather)

Selain untuk melakukan sesi foto, Stephan juga mau memberi kejutan kepada temannya, bahwa ulang tahunnya kali ini lumayan berbeda. 

Menurut pengakuan temannya, Stephan mengumumkan akan mengadakan ulang tahun yang spesial dan ada kejutan kepada teman-temannya. Kejutannya tersebut ternyata menangkap reptil yang berbahaya. 

Tersandung Hukum Negara Bagian

Keputusan Stephan untuk mengambil aligator di taman satwa terbilang berbahaya, sebab jarak antara taman reptil Croc Encounters dan tempat inapnya Grove Resort and Water Park berjarak sekitar lebih dari satu jam. 

Kini, aligator tersebut sudah diamankan dan dikembalikan ke Croc Encounters. 

Pemilik Croc Encounters, John Paner, enggan mengajukan tuntutan terhadap Stephan. Namun, Stephan tetap tersandung hukum berdasarkan undang-undang negara bagian Florida.  

Seperti keterangan dalam situs web Justia US Law, di Florida, bahwa “Setiap penjualan, kepemilikan atau pengangkutan aligator atau kulit aligator dilarang oleh hukum mana pun di negara bagian ini, atau oleh aturan, regulasi, atau perintah dari Fish and Wildlife Conservation Commission ….”

Perbedaan Hewan Reptil: Aligator dan Buaya

Florida punya banyak stok berita aneh, tak terkecuali masalah binatang aligator ini

Walaupun begitu, apa sebenarnya perbedaan aligator dan buaya?

Menurut Restorasi Ekosistem Riau, ada beberapa perbedaannya. Pertama, ukuran. Buaya dewasa dapat tubuh dengan panjang tubuh maksimum sekitar 4,3 meter sedangkan alligator dapat mencapai panjang 5,8 meter dari moncong hingga ekor.

Kedua, perbedaan visual. Aligator berwarna hijau tua, abu-abu atau hitam. Sementara buaya, cenderung hijau atau cokelat. 

Ketiga, habitat dan kebiasaan. Buaya memiliki kelenjar garam lingual di lidah yang memungkinkan mereka mengeluarkan kelebihan kadar garam dalam tubuh, sehingga mayoritas buaya berhabitat di air asin. 

Sementara aligator, meskipun aligator memiliki kelenjar garam yang sama, kelenjarnya tidak bekerja seefektif yang dimiliki buaya, sehingga membatasi aligator terhadap air asin dan membuat spesies ini lebih dominan berada di air tawar seperti danau dan rawa untuk mencari makan, berlindung dan bersarang.

Penulis: Safar

Editor: Elin

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments