Megawati: KPK Gak Efektif, Bubarkan Saja!

by | Aug 22, 2023

Korupsi | KPK | Megawati Soekarnoputri | Politik

FOMOMEDIA – Megawati Soekarnoputri geregetan dengan penanganan korupsi yang tidak efektif. Dia pun meminta pada Presiden Jokowi untuk membubarkan KPK.

Bukan Megawati Soekarnoputri namanya kalau tidak mengeluarkan pernyataan kontroversial. Terbaru, Presiden ke-5 Republik Indonesia tersebut mengusulkan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibubarkan saja karena tidak efektif berantas korupsi.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat menjadi pembicara dalam acara Sosialisasi Buku Teks Kurikulum Merdeka di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2023). Megawati menyinggung isu korupsi yang membuat rakyat makin sulit bangkit dari kemiskinan.

“Ayo, kalian pergilah ke bawah, lihatlah rakyat yang masih miskin. Ngapain kamu korupsi akhirnya masuk penjara juga? Bohong kalau gak kelihatan. Persoalannya, penegak hukumnya mau tidak menjalankan hukum Indonesia ini, yang sudah susah-susah saya buat, KPK itu? Itu persoalannya,” kata Megawati, dikutip dari Detik.

Gedung KPK. (Foto: Tirto)

Bandingkan dengan di Zamannya

Megawati lantas membandingkan situasi kiwari dengan apa yang dulu terjadi pada masa kepemimpinannya.

“Waktu saya, apa itu, krisis. Kredit macet itu 300 ribuan. Saya disuruh nangani setelah itu, KPK sudah ada, yang saya bikin sendiri. Waktu itu KPK ini gak percaya. Katanya, mana mungkin 300 ribuan kredit macet itu digugat? Malak pengusaha-pengusaha ini,” kenang Megawati.

“Saya bilang sama KPK-nya, sini dong buktikan kalau saya malak. Ini dunia modern. Saya mau naruh uangnya di mana? Emangnya di karung? Itulah kebenaran,” tambah Ketua Umum PDIP tersebut.

Menurut Megawati pula, ketegasan KPK saat ini sangatlah dibutuhkan. Sebab, tanpa penindakan tegas, korupsi bakal terus merajalela.

Megawati Soekarnoputri. (Foto: PDIP)

“Supaya insaf, supaya insaf. Kalian itu akan selalu ketahuan [kalau korupsi]. Persoalannya itu [penyelesaiannya] gak des, des, des, gitu lo,” ucapnya.

Bubarkan Saja, Pak Jokowi

Megawati pun menilai bahwa KPK sudah tak lagi efektif. Saking geregetannya, dia sampai meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk membubarkan saja lembaga tersebut.

“Saya sampai kadang-kadang bilang ama Pak Jokowi ‘Udah deh bubarin aja KPK itu, Pak, menurut saya nggak efektif’. ‘Ibu nek kalau ngomong ces pleng’,” katanya menirukan percakapan dengan Jokowi.

Hmmm, kalau menurut kamu sendiri bagaimana? Apakah penanganan korupsi di Indonesia sudah efektif? Kalau belum, apakah membubarkan KPK bisa menjadi solusi?

Penulis: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya, Rabu (22/11/2023) kemarin. Ia […]