Mau Tidur Lebih Nyenyak? Coba Makan Malam Pakai Pisang

by | Dec 3, 2023

Buah | Kesehatan | Tidur

FOMOMEDIA – Pisang ternyata bisa membuat kita tidur lebih nyenyak. Tapi, selain makan pisang, ada hal-hal lain yang perlu kita lakukan.

Tidur adalah kebutuhan sehari-hari bagi manusia. Dengan kualitas tidur yang baik, kondisi tubuh akan terasa baik pula.

Namun, terkadang tidak semua orang mendapatkan kualitas tidur yang baik. Banyak faktor yang memengaruhi pola tidur.

Lalu, bagaimana cara supaya meningkatkan kualitas tidur yang baik? Apa yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan momen itu?

Pisang Jadi Pilihan

Menurut laporan Sleep Charity, pisang bisa menjadi jawaban bagi kamu yang mengalami gangguan kualitas tidur. Buah tersebut bisa dikonsumsi di malam hari sebelum tidur.

Dalam laporan yang ditulis Sky News, Sleep Charity telah merilis lima tip teratas tentang cara mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik pada 2024 mendatang. Dalam tip itu, mengonsumsi buah sebelum tidur jadi urutan teratas.

Salah satu buah yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur adalah pisang. Buah yang bisa ditemukan di tempat beriklim tropis tersebut dianggap membantu tidur lantaran mengandung magnesium dan potasium yang tinggi. Kandungan tersebut dianggap mampu mengendurkan otot sewaktu tidur.

Dalam kandungan lainnya, pisang juga terdapat asam amino triptofan, yang merangsang produksi hormon penenang otak. Kualitas tidur pun akan membaik.

Tak Hanya Buah

Dalam laporan yang sama, Sleep Charity tak hanya merekomendasikan buah-buahan untuk menjaga kualitas tidur menjadi lebih baik. Ada juga rekomendasi untuk mengonsumsi kacang almond, ikan, sereal gandum utuh, dan kue gandum.

Jenis-jenis makanan tersebut dianggap mampu membuat rasa kantuk. Selain itu, yang tak kalah penting lainnya yakni pola makan.

Untuk mendapat kualitas tidur yang baik, diperlukan menjaga pola makan. Sebaiknya jangan makan dalam porsi besar sebelum tidur. Hal tersebut dianggap akan menimbulkan rasa cemas dan gangguan pencernaan.

Selain itu, dalam laporan Sleep Charity, penting juga untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, roti, dan pasta. Makanan tersebut jika dikonsumsi berlebihan dianggap bisa menyebabkan penurunan energi.

“Tidur sangat penting untuk menjalani hidup yang lebih sehat dan bahagia, dan kami ingin semua orang berbagi sentimen tersebut dan memahami pentingnya tidur sebagai bagian dari gaya hidup yang seimbang dan sehat,” kata Wakil CEO Sleep Charity, Lisa Artis, dikutip dari Sky News.

“Membangun rutinitas tidur yang baik, dan menaatinya, akan membantu meningkatkan sikap positif dan mengurangi tingkat stres, yang berarti orang dapat memulai Tahun Baru [2024] dengan perasaan segar,” lanjutnya.

Jadi, apakah kamu sudah siap melakukan rutinitas menjaga kualitas tidur yang lebih baik lagi?

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments