Matthew Perry, Pemeran Chandler Bing dalam Serial “Friends”, Meninggal Dunia

by | Oct 29, 2023

Friends | Hiburan | Obituarium | Televisi

FOMOMEDIA – Kabar meninggalnya Matthew Perry disampaikan Kepolisian Los Angeles, Minggu (29/10/2023) pagi WIB. Perry wafat dalam usia 54 tahun.

Matthew Perry, pemeran Chandler Bing dalam serial televisi populer Friends, meninggal dunia pada usia 54 tahun di kediamannya di Los Angeles, Amerika Serikat.

Kabar meninggalnya Perry disampaikan kepolisian Los Angeles kepada awak media, Minggu (29/10/2023) pagi WIB. Dalam keterangan resmi polisi, disebutkan bahwa Perry meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung dan tenggelam di dalam bak mandi.

Kepada BBC, perwakilan Pemadam Kebakaran Los Angeles mengatakan bahwa, awalnya, petugas dikirimkan untuk merespons panggilan darurat ke sebuah rumah di area Pacific Palisades. Panggilan darurat itu, kata mereka, “ada kaitannya dengan air”. Setelah itu, petugas menemukan Perry sudah dalam keadaan tidak bernyawa.

“Matthew adalah aktor dengan talenta luar biasa dan merupakan bagian tak tergantikan dari keluarga Warner Bros. Television Group,” tulis pernyataan resmi Warner Bros TV yang memproduksi Friends.

“Impak dari kegeniusan komedinya dirasakan sampai ke seluruh dunia dan warisan yang dia tinggalkan akan selalu hidup di dalam hati banyak orang. Ini adalah hari yang sangat menyedihkan dan kami mengirimkan cinta kepada keluarga dan orang yang dia cintai serta kepada para penggemar.”

Lahir di Massachusetts pada 1969, Perry dibesarkan di Ottawa, Kanada. Dia kemudian pindah ke Los Angeles saat berusia remaja. Pada 1994, Perry memulai peran yang mendefinisikan kariernya, yaitu sebagai Chandler Bing di serial Friends.

Tak cuma popularitas, Perry juga mendapatkan kompensasi finansial melimpah berkat perannya sebagai Chandler Bing. Satu penghargaaan Emmy juga didapatkannya pada 2002 untuk kategori Aktor Terbaik dalam Serial Komedi.

Karakter Chandler Bing dikenal karena humor sarkastiknya yang selalu tepat sasaran. Chandler Bing juga digambarkan sebagai sosok yang selalu kesulitan mendapatkan kekasih sampai akhirnya menemukan jodoh dalam lingkar pertemanannya sendiri dalam diri Monica Geller (diperankan Courteney Cox).

Bertarung Melawan Adiksi

Selama 10 musim, Perry membawakan karakter Chandler dengan luar biasa, nyaris tanpa cela. Meski begitu, belakangan dia mengakui bahwa ada tiga tahun di mana dia tidak mengingat apa pun dari serial Friends. Pasalnya, ketika itu Perry tengah berjuang lepas dari adiksi alkohol dan obat-obatan terlarang.

Sebuah kecelakaan membuat Perry sempat harus banyak mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Itulah yang kemudian membuatnya jadi kecanduan. Meski demikian, dia tetap merasa bersyukur karena telah memberi hiburan lintas generasi.

“Rasanya luar biasa mengetahui apa yang kulakukan bisa dinikmati beberapa generasi berbeda,” ucap Perry pada 2016 kepada BBC Radio 2.

Jika dibandingkan dengan rekan-rekannya yang lain di Friends, Perry bisa dibilang paling jarang terlihat di muka publik sejak serial itu berakhir pada 2004. Cox, Jennifer Aniston, Lisa Kudrow, David Schwimmer, dan Matt LeBlanc masih bisa dengan mudah ditemukan di layar kaca, layar lebar, atau pemberitaan lainnya.

Akan tetapi, tidak dengan Perry. Pria yang semasa SD berkawan dengan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, itu terlihat jauh dari sorot kamera. Sesekali, wajahnya terlihat dalam foto hasil jepretan paparazzi. Akan tetapi, dia jarang sekali tampil dalam acara resmi.

Baru pada 2021 lalu, ketika HBO menggelar reuni Friends, Perry kembali muncul. Dari situ, diketahui bahwa dirinya sempat mengalami sakit dan, itulah mengapa, dia jarang tampil di muka publik. Dalam reuni tersebut, Perry terlihat bahagia bisa berkumpul kembali dengan teman-teman lamanya.

Kini, Perry telah tiada. Akan tetapi, segala kenangan yang ditinggalkannya akan selalu abadi. Beristirahatlah dalam damai, Matthew Perry.

Penulis: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments