Ledakan Bom di Iran Tewaskan Hampir 100 Orang, Siapa Dalangnya?

by | Jan 4, 2024

Internasional | Iran | Politik | Timur Tengah

FOMOMEDIASerangan bom di Iran menewaskan hampir 100 orang. Hingga kini, dalang di balik serangan tersebut belum terungkap.

Dua bom meledak dalam peringatan empat tahun pembunuhan Jenderal Iran Qasem Soleimani. Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (3/1/2023) di dekat masjid Saheb al-Zaman di kota Kerman, Iran.

Menurut laporan The Guardian, dua ledakan itu telah menewaskan sedikitnya 95 orang dan ratusan luka-luka. Video yang beredar di media sosial menunjukkan bagaimana mayat-mayat langsung segera dievakuasi menggunakan ambulans.

Sementara itu, ledakan tersebut juga menjadi insiden paling mematikan sejak Revolusi Iran pada 1979. Namun, dalang di balik ledakan tidak muncul dan bertanggung jawab. Tidak ada kelompok mana pun yang mengklaim telah melakukan serangan itu.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, menyebut bahwa serangan tersebut justru dianggap akan membuat Iran semakin bertekad mempertahankan cita-cita Islam.

“Musuh-musuh bangsa harus tahu bahwa tindakan seperti itu tidak akan pernah mengganggu tekad kuat bangsa Iran untuk mempertahankan cita-cita Islam,” kata Raisi, dikutip dari The Guardian.

Senada dengan Raisi, Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, bersumpah bahwa serangan teroris itu akan ditanggapi dengan respons yang lebih keras.

“Musuh jahat dan kriminal bangsa Iran sekali lagi menciptakan bencana dan membunuh banyak orang tercinta di Kerman,” kata Khamenei, dikutip dari BBC.

“Baik mereka yang berlumuran darah orang tak bersalah atau mereka yang berpikiran korup yang menyebabkan kekejaman ini, mereka akan ditindak tegas dan dihukum adil, dan akan segera dimulai,” lanjutnya.

Ucapan dukacita pun datang dari kelompok yang berafiliasi dengan Iran. Salah satunya yakni kelompok Hizbullah yang berasal dari Lebanon. Mereka menyebut bahwa para korban adalah martir yang tewas di pertempuran yang sama dipimpin oleh Soleimani.

BACA JUGA:

Dugaan Kelompok Menjadi Dalang

Serangan bom di Iran tersebut diketahui dilakukan dari jarak jauh. Media Iran, sebagaimana dinukil BBC, menyebut bahwa bom pertama dan kedua berjarak sekitar 15 menit yang menargetkan orang-orang yang melarikan diri.

Gara-gara peristiwa itu, muncul berbagai dugaan dalang pemboman. Beberapa di antaranya adalah Israel dan ISIS.

Israel diduga sebagai dalang pemboman tersebut. Pasalnya, sehari sebelum bom di Iran meledak, Israel tengah mengirimkan pesawat tanpa awak ke Lebanon untuk membunuh salah satu petinggi Hamas.

Suasana Timur Tengah memang sedang tegang. Apalagi, konflik Hamas dan Israel sedang berada pada eskalasi tertinggi. 

Iran dianggap sebagai salah satu negara yang mendukung gerakan Hamas. Suplai senjata dan berbagai bantuan mengalir dari Iran ke Hamas. Dengan demikian, maka muncul dugaan bahwa bom itu didalangi oleh Israel.

Spekulasi ini dibantah oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Menurut lembaga itu, tidak ada alasan untuk percaya bahwa Israel adalah pelakunya.

Adapun ciri khas dari Israel sendiri, menyitat laporan The Guardian, melakukan pembunuhan terhadap tokoh-tokoh militer dan orang penting di Iran. Namun, ciri khas tersebut berubah sejak adanya serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu.

Selain itu, dugaan lain mengarah pada kelompok ISIS. Kelompok tersebut dianggap sebagai dalang pemboman lantaran dalam beberapa tahun terakhir sering melakukan serangan terhadap keamanan negara dan warga sipil Iran.

Tak hanya itu, dugaan dalang lainnya juga mengarah kepada negara-negara Barat seperti Amerika dan Inggris. Dua negara tersebut sebelumnya telah memberi peringatan kepada Iran untuk mengakhiri dukungannya terhadap serangan yang diluncurkan pasukan Houthi di Yaman.

Iran dianggap sebagai penyuplai utama persenjataan kelompok itu. Sejak konflik Hamas dan Israel meningkat, pasukan Houthi memberikan dukungan secara langsung kepada Hamas dan warga Palestina.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
jeongyeon weight loss

Hi, nice post. I noticed that there is a problem with your website in Internet Explorer. Since IE is still the most popular browser, a lot of people will miss your amazing writing because of this issue.