Korban Tewas Kebakaran Hutan Hawaii Jadi 53 Orang

by | Aug 11, 2023

Hawaii | Internasional | Kebakaran Hutan | Lingkungan

FOMOMEDIA – Proses evakuasi dan pencarian korban kebakaran hutan Hawaii masih terus dilakukan. Terbaru, korban meninggal capai 53 orang.

Korban meninggal kebakaran hutan yang melanda Pulau Maui, Hawaii, bertambah jadi 53 orang. Jumlah tersebut diperkirakan masih terus bertambah seiring dengan terus berlanjutnya proses evakuasi dan pencarian korban.

Kebakaran yang terjadi pada Rabu (9/8/2023) tersebut telah meluluhlantakkan kota Lahaina. Di kota tersebut, sebelumnya telah dikabarkan terdapat enam korban meninggal dunia dan lebih dari dua lusin warga yang terluka.

Menurut laporan The Guardian, kebakaran dahsyat tersebut menghancurkan lebih dari 1.000 bangunan. Bencana itu pun dicatat menjadi paling mematikan di negara bagian Amerika Serikat tersebut sejak tahun 1961.

Adapun, kebakaran bermula pada Selasa malam dari sisi barat Pulau Maui. Kemudian, api pun bergerak dengan cepat menuju ke arah kota Lahaina yang memiliki jumlah penduduk 13 ribu jiwa.

Beberapa orang langsung keluar dari rumah. Bahkan, setidaknya ada 12 orang yang menyelamatkan dirinya sendiri lari dan berenang ke laut.

Dalam beberapa video yang beredar di media sosial, banyak warga yang terjebak di dalam mobil. Mereka kesulitan melihat arah lantaran asap yang begitu tebal.

Menyitat laporan AP, seorang juru masak dari Guatemala bernama Marlon Vasquez (31) mengaku kesulitan melarikan diri dengan mobilnya. Akhirnya, ia bersama saudaranya melarikan diri melalui jalan yang penuh dengan kendaraan.

“Saya membuka pintu dan api hampir menimpa kami. Kami berlari dan berlari. Kami berlari hampir sepanjang malam hingga keesokan harinya, karena api tidak berhenti,” kata Vasquez, dikutip dari AP.

Kini, api yang melahap kota Lahaina telah berhasil dipadamkan. Pemandangan asap dan bangunan yang habis terbakar tampak mengerikan.

“Lahaina, dengan beberapa pengecualian langka, telah terbakar habis,” kata Josh Green, Gubernur Hawaii.

Bantuan Berdatangan

Semenjak kebakaran yang diperparah oleh Badai Dora itu terjadi, proses evakuasi masih berlangsung. Korban luka-luka akibat kebakaran telah dilarikan ke beberapa pusat kesehatan seperti di Pulau Oahu, rumah sakit di Honolulu, dan di rumah sakit Maui Memorial.

Presiden Joe Biden pun mengumumkan status tanggap darurat bencana untuk Pulau Maui. Berbagai bantuan pun didatangkan ke pulau itu untuk memulihkan kota Lahaina dan sekitarnya yang terdampak kebakaran hutan. 

Bahkan, presiden AS ke-46 itu berjanji pada warganya yang menjadi korban untuk segera mendapatkan bantuan.

“Siapa pun yang kehilangan orang yang dicintai, atau rumahnya telah rusak atau hancur, akan mendapatkan bantuan segera,” kata Biden, dikutip dari The Guardian.

Sementara itu, saat ini beberapa posko pencarian orang hilang telah dibuka, salah satunya di Pusat Komunitas Kahului. Dikarenakan akses komunikasi terputus, beberapa orang pun masih kesulitan untuk menghubungi teman atau anggota keluarganya.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] 30 Agustus, terjadi kebakaran hutan dan lahan secara alami di kawasan Bromo. Tepat sepekan kemudian, saat kebakaran itu belum juga […]