Menang! Kontrak Baru Serikat Penulis Hollywood Dikabulkan

by | Sep 28, 2023

Film | Hiburan | Hollywood | Internasional | Pemogokan

Fomomedia Kontrak baru yang didapatkan serikat penulis Hollywood adalah sebuah kemenangan. Pihak studio pun akhirnya mengabulkan tuntutan yang selama berbulan-bulan disuarakan.

Setelah penantian cukup panjang, akhirnya serikat penulis Hollywood yang tergabung dalam Writers Guild of America (WGA) memiliki kejelasan. WGA yang sempat melakukan aksi mogok kerja kini telah mendapatkan kesepakatan kontrak baru dengan pihak studio.

WGA pun kini sudah berdamai dengan pihak studio yang tergabung dalam Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP). Keduanya telah sepakat setelah Minggu (24/9/2023) berhasil melakukan kesepakatan tentatif.

WGA pun kini telah resmi mendapatkan kontrak baru yang dirilis di website resminya pada Rabu (27/9/2023) kemarin. Dengan adanya kontrak baru yang ditawarkan, para anggota serikat itu pun akan memilih apakah mereka akan meratifikasi atau tidak.

Baca juga:

Isi Kontrak Serikat Penulis

Sebagaimana dilaporkan oleh The Verge, kontrak baru tersebut dianggap sebagai kemenangan bagi WGA. Pasalnya, permasalah mengenai ancaman kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan kenaikan gaji dibahas secara detail.

WGA akan mendapatkan jangka waktu perjanjian mulai dari 25 September 2023 sampai dengan 1 Mei 2026. Selama itu, dalam hal perkara upah, para anggota WGA mendapatkan kenaikan gaji yang signifikan. Apalagi, kenaikan gaji tersebut juga akan bertambah dengan adanya kompensasi dari perusahaan streaming film.

Sementara, terkait masalah AI, antara pihak WGA dan AMPTP juga sudah sepakat menemukan beberapa jalan keluar. Dalam kontrak terbaru, WGA berhasil mendapatkan selama ini apa yang mereka tuntut selama pemogokan.

Berdasarkan isi kontrak, peran AI tidak akan dapat menulis atau menulis ulang materi. Selain itu, materi yang dihasilkan oleh AI tidak akan dapat digunakan sebagai sumber materi.

“Seorang penulis dapat memilih untuk menggunakan AI saat melakukan layanan penulisan, jika perusahaan mengizinkan dan dengan syarat penulis mengikuti kebijakan perusahaan yang berlaku, namun perusahaan tidak dapat mengharuskan penulis untuk menggunakan perangkat lunak AI (misalnya, ChatGPT) saat melakukan layanan penulisan,” tulis Kontrak WGA 2023.

“Perusahaan harus mengungkapkan kepada penulis jika ada materi yang diberikan kepada penulis yang dihasilkan oleh AI atau menggunakan materi yang dihasilkan AI,” lanjut isi kontrak tersebut.

Baca juga:

Dapatkan Data Streaming

Selain kenaikan gaji dan menekan penggunaan AI, WGA berhasil mendesak pihak studio untuk memberikan data layanan streaming kepada pihak penulis. Data streaming sebelumnya hanya diketahui oleh pihak studio atau perusahaan terkait saja tanpa memberikan keterbukaan mengenai waktu total streaming.

Kini, pihak studio yang memiliki layanan streaming seperti Netflix, Disney Plus, Amazon, dan lainnya harus memberikan data aktual kepada WGA. Salah satu data yang harus diberikan yakni jumlah total jam streaming baik di dalam maupun luar negeri.

Dewasa ini, industri streaming telah berkembang pesat. Keberadaan data streaming selama ini hanya diketahui segelintir pihak yang mengambil keuntungan lebih.

Namun, dengan adanya kesepakatan baru antara WGA dan AMPTP, mau tidak mau, data streaming harus dibuka selebar-lebarnya bagi serikat buruh Hollywood. Dengan begitu, maka cara kerja Hollywood pun akan benar-benar berubah.

Penulis: Sunardi

Editor: Elin

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments