Buntut Kasus Pelecehan, Ketua Federasi Sepak Bola Spanyol Mundur

by | Sep 11, 2023

Internasional | Kekerasan terhadap Perempuan | Piala Dunia Wanita | Sepak Bola | Spanyol

FOMOMEDIA – Ketua Federasi Sepak Bola Spanyol, Luis Rubiales, akhirnya mundur setelah lakukan pelecehan. Kini ia menghadapi tuntutan pidana.

Ketua Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) Luis Rubiales akhirnya mengundurkan diri setelah pelecehannya terhadap gelandang Jenni Hermoso. Rubiales diketahui mencium Hermoso dalam momen perayaan kemenangan Spanyol dalam Piala Dunia Wanita 2023, akhir Agustus lalu.

Spanyol berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 1-0 di partai puncak. Namun, kemenangan Spanyol itu pun harus dinodai oleh aksi Rubiales. Ketika momen perayaan juara berlangsung, Rubiales tertangkap kamera mencium bibir Hermoso dengan sengaja.

Aksi Rubiales itu akhirnya kecaman dari berbagai pihak. Apalagi, Hermoso sempat menyatakan bahwa dirinya merasa tidak nyaman dengan ciuman Rubiales.

Protes pun terus berlanjut hingga timnas wanita Spanyol kembali ke negaranya. Bahkan, di dalam Negeri Matador muncul berbagai gelombang protes yang mendesak supaya Rubiales mempertanggungjawabkan perilakunya itu.

Bukannya langsung meminta maaf atau bertanggung jawab, Rubiales justru sempat menepis kontroversi ciumannya itu. Menurut laporan The Guardian, Rubiales menuduh orang-orang yang mempermasalahkan tindakannya sebagai “orang idiot dan bodoh”.

Namun, kini akibat gelombang protes dari seluruh dunia, Hermoso pun akhirnya melaporkan tindakan Rubiales sebagai bentuk pelecehan seksual. Rubiales pun juga sudah diskors sementara oleh FIFA.

Resmi Mengundurkan Diri

Berbagai gelombang protes terhadap Rubiales pun masih masif hingga dewasa ini. Akhirnya, pada Minggu (10/9/2023) kemarin, Piers Morgan merilis klip dari wawancara TalkTV dengan Rubiales yang mengatakan ia akan mundur.

“Saya tidak dapat melanjutkan pekerjaan saya. Ayah saya, putri-putri saya, saya berbicara dengan mereka,” kata Rubiales, dikutip dari The Guardian.

“Mereka tahu ini bukan pertanyaan tentang saya, beberapa teman dekat saya, dan mereka berkata kepada saya: Luis, sekarang kamu harus fokus pada martabatmu dan melanjutkan hidupmu. Mungkin Anda akan menyakiti orang yang Anda cintai,” lanjutnya.

Setelah pernyataan tersebut, secara resmi akhirnya Rubiales menyatakan mundur dari RFEF. Tak hanya itu saja, jabatan wakil presiden UEFA pun harus ditinggalkannya.

“Setelah skorsing cepat oleh FIFA, dan proses hukum lainnya terhadap saya, jelas bahwa saya tidak dapat kembali ke jabatan saya,” ujar Rubiales.

Kini, meski sudah mengundurkan diri dari federasi, Rubiales masih menghadapi tuntutan pidana dari Hermoso. Berdasarkan undang-undang persetujuan seksual di Spanyol, jika Rubiales terbukti bersalah, maka ia akan menghadapi denda atau penjara hingga empat tahun.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Buntut Kasus Pelecehan, Ketua Federasi Sepak Bola Spanyol Mundur […]