Ketika SBY Sulap Rapimnas Demokrat Jadi Konser Ska

by | Sep 22, 2023

Hiburan | Musik | Partai Demokrat | Pemilu | Pemilu 2024 | Susilo Bambang Yudhoyono

FOMOMEDIA – Dukungan SBY kepada Prabowo dalam Rapimnas Partai Demokrat tak disampaikan lewat pidato, tapi lagu ska milik Tipe-X.

Kamis malam, 21 September 2023, Partai Demokrat menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat. Acara itu menandai kemantaban Demokrat untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden pada pemilu 2024 nanti.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sempat naik ke atas panggung yang menghadap ribuan kader Demokrat itu. Sebelum dirinya, Prabowo dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah lebih dulu berdiri di sana, menyampaikan apa yang disebut SBY sebagai “dua pidato kebangsaan”.

Presiden ke-6 Republik Indonesia itu tak melakukan hal serupa. “Saya tentu tidak akan menyampaikan pidato politik,” katanya. Bagi SBY, dua pidato sebelumnya “sudah lengkap, sudah bulat”.

SBY memeriahkan momen yang mungkin jadi malam bersejarah itu dengan sesuatu yang lebih mudah dikenang ketimbang kalimat-kalimat pidato. Ia menyulap Rapimnas menjadi konser ska.

You’ll Never Walk Alone, tapi…

“Saya sekarang, yang lebih menggeluti dunia seni dan membina olahraga, di malam yang indah dan bersejarah ini, ingin menyumbangkan satu buah lagu yang khusus saya sampaikan pada Jenderal Prabowo Subiyanto,” ujar SBY, disambut tepuk tangan meriah para kader.

Disebut namanya, Prabowo yang bersetelan serba putih dan berpeci layaknya Sukarno lekas berdiri dan menghampiri SBY di atas panggung.

SBY lantas bercerita tentang Richard Rodgers dan Oscar Hammerstein II. Mereka adalah dua musisi di balik lagu “You’ll Never Walk Alone” yang terkenal sebagai lagu tema klub sepak bola Liverpool.

“Saya suka liriknya, Pak Prabowo. You’ll never walk alone,” kata SBY. “Saya menyanyi sekaligus doa kepada Allah agar apa yang saya sampaikan dari lagu ‘You’ll Never Walk Alone’ ini ada pada diri Pak Prabowo, Presiden kita yang akan datang.”

Para kader hendak bertepuk tangan, tapi tak jadi lantaran SBY lekas melanjutkan, “Begini kata-katanya. ‘Jangan gamang. Jangan takut untuk melangkah dan berjalan ke hadapan. Mungkin ada badai, ada topan, cuaca buruk. Jangan takut pada kegelapan karena di balik itu ada cahaya keemasan di langit kita.'”

“Yang saya nyanyikan judulnya sama. Tentu bukan lagu itu,” kata SBY, seperti komedian yang suka mematahkan ekspektasi. “Lagu ini judulnya sama, ‘Kamu Nggak Sendirian’.”

Versi Lokal

“Percayalah padaku. Meski di gelap malam kamu nggak sendirian.”

Saat SBY melantunkan lagu ska dari band Tipe-X itu, para kader tumpah ruah ke depan panggung. Jajaran elit pun turut berjoget mengikuti irama musik bertempo sedang yang juga diikoplokan itu. Di antaranya ada istri AHY, Annisa Pohan, Wakil Ketua Umum Demokrat Edhie Baskoro, serta Wakil Sekjen Demokrat Jansen Sitindaon.

Prabowo yang tadinya kembali ke kursi begitu SBY mulai bernyanyi, kemudian naik lagi ke atas panggung, berjoget dengan Ketua Umum Demokrat AHY dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Lagu bukan hal yang asing bagi SBY. Masyarakat cukup mengenalnya sebagai presiden yang menulis lima album musik. Dua album ditulis semasa muda, sedang tiga album ditulisnya saat menjabat sebagai presiden. Sejumlah lagunya dinyanyikan oleh artis papan atas, seperti Agnes Monica, Vidi Aldiano, Afgan, hingga Lala Karmela.

Setelah selesai menjabat sebagai Presiden, SBY belum merilis album lagi. Belakangan, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu lebih sering memerkan karya lukisnya. Momen Rapimnas mengingatkan kita bahwa, seperti WIranto, SBY juga seorang musisi.

Memilih “You’ll Never Walk Alone” versi lokal, SBY mempertegas komitmen Demokrat untuk mendukung Prabowo dalam perebutan kursi presiden awal tahun mendatang.

“Walau mungkin terdengar nggak merdu, tapi hanya untukmu.”

Penulis: Ageng

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Menurutmu, selain olahraga, apa yang bisa membuat manusia bisa memperpanjang umurnya? Ya, nonton konser. […]