Kesepakatan Alot, Serikat Penulis Hollywood Masih Mogok

by | Aug 16, 2023

Film | Hollywood | Internasional

FOMOMEDIA – Negosiasi antara serikat penulis Hollywood dan pihak studio tampak masih alot. Beberapa poin yang ditawarkan belum ada kata sepakat.

Pertemuan antara serikat penulis yang tergabung dalam Writers Guild of America (WGA) dengan pihak eksekutif studio Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP) tampaknya masih alot. Sebelumnya, pada Jumat (3/8) lalu, WGA dan AMPTP melakukan negosiasi ulang.

Pertemuan tersebut sempat dianggap sebagai angin segar terhadap pemogokan buruh Hollywood. Namun, dalam pertemuan itu, beberapa poin kesepakatan susah untuk disepakati kedua belah pihak.

Pada Selasa (15/8) kemarin, menukil laporan Variety, WGA telah menanggapi proposal terbaru dari AMPTP. Dalam proposal yang ditawarkan, harapan untuk menghentikan pemogokan tampaknya sulit dilakukan.

“WGA memang sedikit membengkokkan beberapa item, menurut sumber yang mengetahui pembicaraan tersebut . Tetapi, negosiator serikat pekerja tidak menawarkan konsesi signifikan yang dicari pihak studio sebagai tanggapan atas tawarannya sendiri,” tulis laporan Variety.

Baik WGA maupun AMPTP tetap berselisih dan tidak ada kata sepakat terkait poin-poin yang ditawarkan. Beberapa di antaranya seperti terkait tayangan streaming hingga tingkatan gaji penulis dan produser TV.

100 Hari Lebih

Pertemuan antara WGA dan AMPTP tersebut telah terjadi kembali sejak 1 Mei 2023 lalu. Selepas hari buruh sedunia itu, WGA hingga kini masih melakukan mogok kerja dan terhitung sudah seratus hari lebih.

Serikat penulis skenario tersebut menuntut tentang kebijakan penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence), pembagian data jumlah tayangan dari layanan streaming, hingga kenaikan gaji. 

Aksi mogok WGA itu pun kemudian diikuti oleh serikat aktor Hollywood yang tergabung dalam Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (Sag-Aftra). Pada 14 Juli 2023, kedua serikat buruh tersebut bersatu menentang kebijakan AMPTP.

Gelombang pemogokan itu pun sampai kini masih berlangsung. Dampak yang ditimbulkan tak hanya di sektor produksi film saja, tetapi juga memengaruhi beberapa acara ajang penghargaan ternama.

Kini, WGA yang berkesempatan lebih dahulu bisa bernegosiasi dengan AMPTP pun terlihat masih alot. Bahkan, terkait poin pembagian total tayangan streaming, dari pihak streamer dengan tegas menolak untuk membagikan data tayangan mereka.

Penulis: Sunardi

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Para anggota WGA telah melakukan mogok kerja lebih dari tiga bulan. Hingga kini, kesepakatan antara WGA dan AMPTP masih alot. […]