Kenapa Kita Suka Benci Dengar Suara Sendiri?

by | Nov 12, 2023

Penelitian | Psikologi | Sains | Suara | Teknologi
Benci dengar suara sendiri

FOMOMEDIA – Membenci suara sendiri memang tidak salah. Ada penjelasan ilmiah kenapa kita kerap benci suara sendiri dan mengapa hal ini lumrah terjadi.

Apakah kamu jadi salah satu orang yang benci mendengar rekaman suara kamu sendiri? Jika iya, tenang, kamu tidak sendirian.

Biasanya, ketika kita dapat mendengar suara sendiri melalui aplikasi rekaman di gawai. Dan dalam kesempatan lain, kita bisa saja mendengar suara kita melalui fitur voice note dala aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp.

Anehnya, ketika mendengarkan kembali suara rekaman suara, kamu malah merasa aneh dan tidak nyaman. Padahal, ketika berbicara atau merekam, bisa saja kamu tidak merasa gamang dengan suaramu. Terasa biasa saja.

Menurut penelitian, ternyata hal tersebut lumrah dirasakan oleh banyak orang. Pun kamu berhak untuk merasa tidak suka atau bahkan benci dengan suaramu sendiri.

Apa Penyebabnya?

Menurut laporan Upworthy, salah satu alasannya yakni suara yang kita dengar saat berbicara terdengar berbeda dibandingkan suara orang lain dan rekaman.

Dalam rekaman, suara yang kita dengar saat berbicara merupakan suara yang ditransmisikan melalui udara yang disebut konduksi udara.

Sementara itu, suara yang kita dengar secara internal merupakan gabungan getaran dari saluran napas, pita suara, dan tulang di dalam kepala. Dari getaran itulah yang membuat suara terdengar lebih dalam dari aslinya.

Baca juga:

“Saat kita berbicara, rasanya seperti semua orang mendengar suara melalui pengeras suara, namun kita mendengarnya melalui sebuah kompleks gua di dalam kepala kita sendiri,” Martin Birchall, salah satu profesor di University College London, dikutip dari Upworthy.

“Suara terdengar di sekitar sinus kita, semua ruang kosong di kepala dan bagian tengah telinga kita, yang mengubah cara kita mendengar suara dibandingkan dengan apa yang didengar orang lain,” lanjutnya.

Ketika kita sedang mendengar suara rekaman suara sendiri, suara tersebut mengalir melalui udara ke telinga. Suara inilah yang kemudian membuat kita merasa memiliki suara berbeda.

Bikin Tidak Nyaman

Beberapa orang memang tidak nyaman mendengar suaranya sendiri. Namun, hal itu juga disebabkan oleh faktor lain. Salah satunya adalah adanya ekspektasi bahwa suara yang kita keluarkan dan rekam akan memiliki suara yang sama.

Padahal, suara yang telah masuk dalam rekaman tersebut tidaklah benar-benar sama. Adanya ketidakcocokan inilah yang kemudian membuat kita tidak nyaman.

Selain itu, suara yang direkam akan menghasilkan nada yang lebih tinggi dari yang dipikirkan. Dari situlah kemudian banyak orang tidak suka mendengar suaranya sendiri.

Namun, ada kemungkinan kita bisa menyukai suara sendiri jika mendengar rekaman tanpa tahu pemilik suara tersebut. Ketika tidak mengetahuinya, kita bisa saja jadi merasa nyaman dan tidak merasa aneh dengan rekaman itu, padahal itu suara kita sendiri.

Jadi, supaya kamu tak benci dengar suara sendiri, dengarkan dulu, dan jangan membayangkan bahwa itu adalah suara kita. Semoga berhasil!

Penulis: Sunardi

Editor: Elin

Ilustrator: Riki

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments