Kebakaran Hutan Dahsyat di Hawaii Tewaskan 6 Orang

by | Aug 10, 2023

Hawaii | Internasional | Kebakaran Hutan | Lingkungan

FOMOMEDIA – Untuk pertama kalinya kebakaran hutan melanda Pulau Maui, Hawaii. Enam orang meninggal dunia dan ribuan lainnya harus diungsikan.

Enam orang dikabarkan meninggal dunia dalam kebakaran hutan di Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat (AS). Kebakaran hutan yang terjadi pada Rabu (9/8/2023) kemarin itu dipicu oleh angin kencang dari Badai Dora.

Menurut laporan The Guardian, setidaknya terdapat dua lusin orang terluka di kota Lahaina. Selain masyarakat setempat sebagai korban, beberapa bangunan pun rusak akibat angin kencang dan kebakaran itu.

Dengan kondisi angin yang kencang, kebakaran hutan terus meluas. Tim penyelamat bersama Penjaga Pantai AS mengevakuasi lebih dari 12 orang yang menyelam ke laut untuk menghindari asap dan api.

Kini, beberapa korban yang mengalami luka bakar pun sudah mendapatkan penanganan. Total ada enam korban yang dievakuasi dan diterbangkan ke pulau Oahu untuk mendapatkan perawatan. Tiga di antara korban itu mengalami luka kritis.

Selain itu, beberapa pasien lainnya juga dilarikan ke rumah sakit di Honolulu. Sedangkan, terdapat puluhan korban yang dibawa ke rumah sakit Maui Memorial.

Mendengar kabar bencana tersebut, Presiden Joe Biden beserta istrinya mengucapkan belasungkawa. Ia pun telah mengirimkan bala bantuan untuk pemadaman kebakaran. 

“[Pemerintah telah] memerintahkan semua aset federal yang tersedia di pulau-pulau itu untuk membantu penanganan,” kata Biden, dikutip dari The Guardian.

Sebelumnya, Gubernur Hawaii Josh Green juga mengatakan terdapat beberapa korban kebakaran besar yang terjadi di Pulau Maui dan Hawai. Adanya kobaran api itu pun memaksa fasilitas seperti jalan dan sekolah terpaksa ditutup. Warga setempat pun akhirnya dievakuasi.

Ratusan Bangunan Hancur

Selain menyebabkan korban meninggal dan dirawat di rumah sakit, kebakaran hutan tersebut merembet ke kota dan menyebabkan bangunan rusak di Lahaina.

Menurut laporan US Civil Air Patrol dan Departemen Pemadam Kebakaran Maui, seperti dinukil dari The Guardian, setidaknya 271 bangunan telah rusak dan hancur. Bahkan, untuk memperbaiki kerusakan bangunan-bangunan itu bisa memakan waktu sampai berbulan-bulan.

Kebakaran hutan tersebut merupakan pertama kali terjadi. Sebelumnya, pulau seluas 1.884 kilometer persegi itu menjadi tempat destinasi wisata ketika wisatawan datang ke Hawaii.

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Saat ini semuanya serba berguna,” kata Mahina Martin, juru bicara daerah Maui.

Pulau Maui sendiri menjadi bagian tak terpisahkan dari Hawaii. Namun, bencana kebakaran itu telah membuat pulau itu seakan sedang dalam suasana perang.

Evakuasi Besar-besaran

Masih menyitat laporan The Guardian, akibat kebakaran di Pulau Maui tersebut banyak masyarakat yang menjadi korban. Ratusan bangunan hancur mengakibatkan masyarakat harus dievakuasi.

Para pejabat kini sedang mempersiapkan pusat konvensi Hawaii yang berpusat di Honolulu untuk jadi tempat pengungsian. Rencananya, gedung tersebut akan menampung hingga 4.000 orang yang telantar akibat kebakaran hutan.

Selain tempat tersebut, beberapa pengungsi juga tersebar ke beberapa titik. Menurut Martin, terdapat empat penampungan besar yang telah dibuka dengan kapasitas masing-masing lebih dari 1.000 orang.

Selain proses evakuasi, semua jalan masuk dan keluar di Maui bagian barat telah ditutup untuk umum. Proses pemadaman dan evakuasi pun masih terus berlangsung.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] meninggal kebakaran hutan yang melanda Pulau Maui, Hawaii, bertambah jadi 53 orang. Jumlah tersebut diperkirakan masih terus […]