Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso Jadi Dokumenter Netflix

by | Sep 1, 2023

Film | Jessica Wongso | Kopi Sianida | Netflix

FOMOMEDIA – Apakah Jessica Wongso benar-benar membunuh Mirna Salihin dengan kopi sianida? Jawabannya (mungkin) bisa kamu termukan di dokumenter Netflix.

Masih ingat dengan kasus racun kopi sianida yang sempat menghebohkan publik Indonesia pada 2016 silam? Terbaru, kasus pembunuhan kepada teman sendiri itu akan segera disajikan dalam dokumenter Netflix bertajuk Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso.

Trailer film tersebut sudah dirilis oleh akun YouTube Netflix Indonesia. Dalam cuplikan singkat diperlihatkan sosok Jessica yang menghadapi berbagai proses persidangan hingga akhirnya dinyatakan bersalah.

“Kasus pembunuhan kopi dengan sianida tahun 2016 di Indonesia yang melibatkan Jessica Wongso dan Mirna Salihin masih menyimpan misteri sampai saat ini. Apakah pembunuh sebenarnya telah tertangkap atau pengaruh media sosial telah mengirim seseorang yang tak bersalah ke penjara?” tulis keterangan Netflix Indonesia.

Kasus yang hingga saat ini masih bisa memancing perdebatan itu memang menarik diikuti. Apalagi, meski Jessica telah dijebloskan ke penjara, penetapan dirinya sebagai pelaku masih menyisakan misteri dan perdebatan.

Kronologi Kasus Kopi Sianida

Kasus kopi sianida bermula dari pembunuhan yang dilakukan oleh Jessica pada 6 Januari 2016. Sosok Jessica dinyatakan terbukti melakukan pembunuhan atas temannya sendiri bernama Mirna di Kafe Olivier yang ada di Mal Grand Indonesia, Jakarta.

Kronologinya, Mirna diketahui meninggal usai minum segelas kopi ketika berada di kafe itu. Ia seketika kehilangan kesadaran hingga mulutnya mengeluarkan busa.

Mirna pun langsung dilarikan ke Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat. Namun, sayangnya Mirna telah kehilangan nyawanya ketika perjalanan menuju rumah sakit.

Penyelidikan pun akhirnya dilakukan oleh pihak kepolisian. Para saksi dan bukti yang sudah terkumpul langsung dilakukan gelar perkara. Dari gelar perkara itulah sosok Jessica ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan.

Dalam kasus tersebut, Jessica dianggap telah melakukan pembunuhan secara matang dengan memberikan racun sianida ke dalam kopi milik Mirna. Ketika persidangan berlangsung, Jessica juga dianggap memberikan keterangan yang berbelit-belit dan tidak mau mengakui perbuatannya.

Hingga akhirnya, Jessica dinyatakan bersalah dan divonis 20 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Per 27 Mei 2016, Jessica memulai hukumannya di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Kini, sudah tujuh tahun Jessica mendekam di bui. Namanya kembali menjadi sorotan usai Netflix mengangkat kasusnya dalam dokumenter yang rencananya akan tayang pada September 2023 ini.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments