Kaesang Maju Pilwalkot Depok, Dinasti Politik Jokowi Makin Terasa

by | Jun 14, 2023

Dinasti Politik | Joko Widodo | Jokowi | Kaesang Pangarep | Politik | Politik Dinasti

FOMOMEDIA – Kaesang Pangarep semakin dekat dengan kursi Depok 1. Langkah tersebut dinilai akan melengkapi dinasti politik Jokowi.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, semakin dekat dengan Kota Depok. Isu pencalonan dirinya dalam Pilwalkot Depok sudah mendapatkan dukungan sejumlah partai politik (parpol). 

Sosok Kaesang akhir-akhir ini memang diisukan berencana terjun ke dunia politik. Terbaru, melalui sebuah unggahan video di Twitter @kaesang_id, ia menyampaikan kesiapannya mencalonkan diri dalam Pilwalkot Depok 2024.

“Saya Kaesang Pangarep. Saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya. Insya Allah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama,” kata Kaesang dalam video yang diunggah Sabtu (10/6/2023).

Hingga saat ini sudah ada empat parpol yang menyatakan siap mendukung Kaesang maju dalam Pilwalkot Depok 2024. Yakni, PDI Perjuangan, PSI, Gerindra, dan Perindo. 

Pria kelahiran Surakarta, 25 Desember 1994, itu tak hanya didukung oleh sejumlah parpol, melainkan juga orang tuanya.

“Tugasnya orang tua itu merestui dan mendoakan,” kata Jokowi, dikutip dari tempo.co.

“Saya itu terbiasa, ya, terbiasa kalau yang namanya anak sudah berkeluarga, saya punya anak sudah berkeluarga, itu tanggung jawabnya ada sudah di mereka. Kalau saya ditanya, saya pasti memberikan saran. Tapi kalau saya tidak ditanya, saya pasti tidak memberikan saran,” lanjut Jokowi.

Manfaatkan Popularitas Bapak?

Isu pencalonan sosok Kaesang maju dalam Pilwalkot Depok 2024 diduga lantaran karena popularitas. Bahkan, beberapa pengamat politik menyatakan sosok Kaesang memanfaatkan bapaknya yang masih menjadi seorang presiden.

Dikutip dari laporan Republika, pengamat politik Hendro Satrio menilai bahwa Kaesang yang maju dalam Pilwalkot Depok 2024 telah memanfaatkan posisi Jokowi.

“Mas Kaesang ‘kan hanya memanfaatkan aji mumpung bapaknya sedang jadi presiden dan kemudian mengendarai alasan demokrasi. Jadi, ya, tergantung nanti warga Depok itu,” kata Hendri.

Pengamat politik asal Universitas Paramadina itu juga menyatakan bahwa pola politik yang dilakukan oleh keluarga Jokowi semuanya sama. Menurut Hendro, pola tersebut mulai dari pengusaha dan berakhir jadi seorang penguasa.

Dinasti Keluarga Semakin Terasa

Jika Kaesang nantinya betul-betul terpilih sebagai Wali Kota Depok, lengkap sudah dinasti politik Jokowi. Sebelum ini, selain Jokowi yang sudah menjadi Presiden Indonesia sejak 2014, sudah ada sosok Gibran Rakabuming Raka (kakak Kaesang) dan Bobby Afif Nasution (kakak ipar Kaesang) yang menjadi kepala daerah.

Gibran saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surakarta setelah terpilih pada Pilkada 2020. Dalam pemilihan yang sama, Bobby—suami dari anak tengah Jokowi, Kahiyang Ayu—terpilih sebagai Wali Kota Medan.

Jokowi sendiri mulai terjun ke dunia politik pada 2004 tatkala terpilih sebagai Wali Kota Surakarta. Setelah itu, pada 2012, sosok kelahiran 1961 itu berhasil merebut kursi DKI 1 dari tangan Fauzi Bowo alias Foke. Dua tahun berselang, alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut terpilih menjadi Presiden Indonesia.

Saat ini, Jokowi sedang memasuki tahun terakhir masa kepemimpinannya. Tahun depan, masa jabatannya yang kedua bakal rampung. Namun, ada kemungkinan putra bungsunya bakal memimpin Depok yang selama kurang lebih dua dasawarsa dikuasai Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Kaesang Maju Pilwalkot Depok, Dinasti Politik Jokowi Makin Terasa […]