Jokowi Undang Ketum Parpol ke Istana, Surya Paloh kok Gak Ada?

by | May 3, 2023

Joko Widodo | Jokowi | Politik | Surya Paloh

FOMOMEDIA – Tak diundang ke istana, apakah Surya Paloh dan NasDem bukan lagi anggota koalisi Jokowi?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang para ketua umum partai politik (parpol) ke Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5). Namun, tidak ada nama Surya Paloh di sana. Ada apakah gerangan?

Dalam acara yang dilaksanakan tepat pada Hari Pendidikan Nasional itu, Jokowi mengumpulkan enam ketua umum parpol. Jokowi dan para pimpinan parpol tersebut melakukan pertemuan selama dua jam.

Ketua umum parpol yang diundang itu adalah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Usai pertemuan, Prabowo mengaku bahwa ada titipan besar yang diberikan oleh Jokowi. “Titipan besar, bahwa kita harus rukun kita harus kompak, bisa bekerja sama, demi negara dan bangsa negara,” kata Prabowo, seperti dikutip dari Liputan 6.

Dalam pertemuan itu, ditegaskan Prabowo, bahwa tidak ada pembahasan mengenai dinamika politik. “Hal-hal yang baik. Tadi kita terutama intinya Lebaran, kemudian beliau menyampaikan perkembangan terakhir bidang ekonomi, ramalan semua negara besar, ramalan World Bank. Bahwa Indonesia benar-benar punya potensi, benar-benar bisa menjadi negara maju.”

Hal senada juga disampaikan oleh Airlangga. Menurut sosok yang menjabat sebagai Menko Perekonomian Kabinet Jokowi itu, pertemuan tersebut hanya membahas isu tantangan perekonomian Indonesia di masa depan.

“Pertama silaturahmi halal bi halal ini partai pendukung pemerintah. Dan tentu dibahas capaian-capaian pembangunan dan tantangan ke depan. Itu yang dibahas dalam pertemuan tadi,” kata Airlangga.

Di Mana Surya Paloh?

Sementara itu, meski megundang beberapa ketua umum parpol, nama Surya Paloh tak ada dalam pertemuan itu. Diketahui, bahwa sosok Ketua Umum Parta NasDem itu tak diundang oleh Jokowi.

Ada apa dengan ketidakhadiran Surya Paloh? Mengapa dirinya tidak diungan ke acara pertemuan tersebut?

Tidak diundangnya Surya Paloh dalam pertemuan para ketua umum parpol tentu membuat berbagai isu, salah satunya adalah bahwa pria kelahiran Banda Aceh, 16 Juli 1951, itu bukan lagi sebagai koalisi.

Desas-desus itu pun tentu menjadi pertanyaan bagi publik. Siasat macam apa yang sedang dilakukan oleh Istana?

Namun, alasan mengapa Surya Paloh tak diundang, hal itu disebabkan lantaran ia masih berada di luar negeri. Keterangan itu diberikan oleh Ketua DPP NasDem Charles Meikyansa.

“Tidak diundangnya Pak Surya, karena Pak Surya juga sampai kemarin memang masih di luar negeri. Hubungan ketum dengan Pak Jokowi dalam hubungan yang baik-baik saja,” kata Charles.

Lalu, apakah sosok Surya Paloh bersama NasDem masih di dalam lingkaran koalisi? Hmmm…

Penulis: Sunardi

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments