Joe Biden Didesak Segera Upayakan Gencatan Senjata Israel

by | Oct 18, 2023

Internasional | Israel | Joe Biden | Palestina | Politik

FOMOMEDIA – Upaya gencatan senjata terus diupayakan untuk meredam konflik Hamas dan Israel. Joe Biden punya peran sentral menangani konflik itu.

Serangan balasan yang dilakukan oleh militer Israel ke wilayah Gaza masih belum berakhir. Kini, sebanyak 178 pakar hukum dari beberapa fakultas hukum paling bergengsi di Amerika Serikat mengirimkan surat desakan kepada Presiden Joe Biden untuk mengupayakan gencatan senjata.

Para pakar hukum tersebut mengutuk tindakan serangan balasan Israel. Mereka menilai bahwa serangan Israel sudah menjadi “bencana moral”.

The Guardian melaporkan bahwa desakan itu disampaikan di tengah kunjungan Biden ke Israel, Rabu (18/10/2023) hari ini. Di dalam surat yang ditulis, para pakar hukum tersebut mengecam pembalasan Israel. Apalagi, tindakan Israel dinilai tidak manusiawi lantaran menghentikan pasokan pangan dan melakukan kejahatan perang.

“Kami juga mengutuk tindakan pemerintah Israel yang semakin membabi buta, membunuh serta membuat orang-orang tak bersenjata dan anak-anak di Gaza kehilangan tempat tinggal, dengan dukungan nyata dari pemerintah Amerika Serikat,” tulis isi surat dari pakar hukum tersebut, dikutip dari The Guardian.

Dalam surat desakan tadi, para pakar hukum juga menyoroti banyaknya korban tewas dari kalangan sipil masyarakat Palestina. Menurut Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan bahwa 3.000 orang di Gaza telah terbunuh pada hari Selasa (17/10/2023) kemarin.

Selain banyak korban meninggal, serangan balasan Israel juga membuat sarana kelangsungan hidup penduduk terancam. Apalagi, di wilayah Gaza sendiri saat ini sedang mengalami krisis air minum.

“Saat tulisan ini dibuat, 2,3 juta orang hanya memiliki sedikit air minum,” lanjut isi surat itu.

Desak Gunakan Segala Cara

Jika perang antara Hamas dengan Israel tidak segera diakhiri, korban yang akan tewas akan terus bertambah. Darurat kemanusiaan akan terus melanda wilayah Gaza.

Dalam surat yang dikirimkan ke Biden, para pakar hukum meminta agar gencatan senjata diupayakan dengan segala cara. Apalagi, terdapat pernyataan dari pejabat Israel yang menganggap bahwa warga sipil sama dengan orang-orang Hamas.

Biden dianggap memiliki peran penting dalam politik dalam negeri Israel. Posisi AS di Israel cukup sentral mengingat negara tersebut merupakan mitra utama sejak kemerdekaan Israel pada 1948.

“Kami meminta Presiden Biden segera bertindak, menggunakan segala cara yang dimilikinya untuk menghasilkan solusi diplomatis terhadap krisis saat ini,” kata para pakar hukum AS.

“Ini berarti gencatan senjata di Gaza dan seluruh wilayah pendudukan, bersamaan dengan pemulihan makanan, air, listrik, dan perawatan medis tanpa syarat di seluruh Jalur Gaza,” lanjutnya.

Selain mengupayakan tindakan gencatan senjata, para akademisi itu juga mengingatkan kepada pemerintah Israel. Negara itu tidak bisa ahistoris terkait beberapa tragedi kemanusiaan yang pernah dialami.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments