Jepang Diperintahkan Bayar Kompensasi ke Jugun Ianfu Korsel

by | Nov 24, 2023

Internasional | Jepang | Kejahatan Perang | Korea Selatan

FOMOMEDIA – Jugun ianfu, atau perempuan yang dijadikan budak seks Jepang selama Perang Dunia II, di Korsel menuntut kompensasi atas kejahatan perang.

Dampak Perang Dunia II masih terasa hingga sekarang ini. Terutama bagi para perempuan yang menjadi korban kekejaman para tentara Jepang. 

Selain ke Indonesia, Jepang juga melakukan invasi ke Korea Selatan (Korsel). Banyak perempuan di negara tersebut yang dipaksa untuk menjadi jugun ianfu atau budak seks.

Kini, para perempuan yang sempat dijadikan budak seks pada masa pendudukan Jepang tersebut menuntut. Di Korsel, setidaknya terdapat 16 jugun ianfu itu masih hidup sampai sekarang.

Para perempuan tersebut menuntut supaya Jepang bertanggung jawab dengan memberikan kompensasi. Tuntutan tersebut sudah dilayangkan sejak 2016 silam. Namun, hingga kini belum terselesaikan.

Gugatan yang sempat diajukan ke Pengadilan Distrik Pusat Seoul tersebut sempat tidak dikabulkan. Namun, lembaga peradilan tersebut kemudian membatalkan penolakan itu.

Menurut laporan BBC, Pengadilan Distrik Pusat Seoul mengatakan mereka mengakui yurisdiksi Korsel atas pemerintah Jepang lantaran menjadikan para perempuan tinggal di negara tersebut. Selain itu, pemerintah Jepang juga dituntut untuk membayar atas tindakan yang dianggap telah “melanggar hukum”.

“Masuk akal untuk mempertimbangkan bahwa ada hukum internasional yang tidak mengakui kekebalan negara atas tindakan ilegal, terlepas dari apakah tindakan tersebut merupakan tindakan kedaulatan,” tulis pernyataan pengadilan tersebut, dikutip dari BBC.

Korban Mendapat Keadilan

Lee Yong-soo, salah satu aktivis yang sekaligus korban kebiadaban tentara Jepang, merasa bersyukur dengan adanya putusan pengadilan tersebut. Menurutnya, banyak korban yang berharap supaya putusan gugatan kompensasi dikabulkan.

Keberadaan para korban perbudakan seksual Jepang memang tersebar di berbagai negara di Asia. Selama perang, Jepang melakukan invasinya dengan menguasai beberapa negara seperti Indonesia, Filipina, Taiwan, Korsel, hingga China. 

Dari beberapa negara tersebut, tentara Jepang terkenal dengan tindakan yang kejam. Salah satunya yakni menjadikan perempuan setempat sebagai budak seks. 

Para perempuan yang dijadikan budak seks tersebut terkadang tidak mendapat bayaran. Mereka hanya disuruh memenuhi hasrat seksual para tentara yang diterjunkan ke medan perang.

Kini, banyak korban kejahatan perang Jepang yang menuntut pertanggungjawaban. Tidak hanya cukup mengakui atau meminta maaf, kini Jepang harus memberikan kompensasi akibat kekejamannya di masa lalu.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Jepang Diperintahkan Bayar Kompensasi ke Jugun Ianfu Korsel […]