Jelang Debat Pertama, TKN Prabowo Kumpulkan Aktivis 98

by | Dec 12, 2023

HAM | Pilpres 2024 | Politik | Prabowo Subianto

FOMOMEDIATKN Prabowo-Gibran mengumpulkan aktivis 98 menjelang debat pertama capres. Konsolidasi tersebut berkaitan dengan topik debat, yakni HAM.

Debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) akan digelar pada Selasa (12/12/2023) malam ini. Menyambut acara tersebut, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengumpulkan sejumlah aktivis 98.

Pengumpulan para aktivis 98 oleh TKN Prabowo-Gibran bukan tanpa sebab. Hal tersebut merujuk pada acara debat yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) terdapat tema tertentu. 

Dalam debat perdana ini, KPU mengambil tema terkait hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi. 

Karena tema tersebut, sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menyebut pihaknya sedang mengumpulkan aktivis 98. Tema HAM akan menjadi pembahasan tersendiri bagi pasangan Prabowo-Gibran.

“Pasti akan muncul pertanyaan karena setiap 5 tahun sekali. Setiap Pak Prabowo ikut pilpres dikaitkan dengan masa lalu Pak Prabowo. Hubungan masa lalu Pak Prabowo dengan Pak Budiman Sudjatmiko,” kata Nusron, dikutip dari Liputan 6.

Persoalan HAM Sudah Diselesaikan?

Senada dengan Nusron, Budiman Sudjatmiko menilai bahwa persoalan HAM yang diduga menjerat Prabowo telah diselesaikan secara politik dan hukum. Budiman menjelaskan bahwa bentuk penyelesaian secara politik yakni ketika Prabowo pernah menjadi cawapres Megawati Soekarnoputri pada Pemilu 2009.

“Artinya, pihak-pihak yang sekarang ini menjadi kompetitor kita dalam demokrasi juga pernah melakukan rekognisi, pengakuan bahwa tidak ada masalah dengan Prabowo secara politik,” kata Budiman.

Baca juga:

Mantan aktivis 98 yang kini bergabung dengan TKN Prabowo-Gibran itu menyebut bahwa Prabowo sudah dua kali menjadi peserta pilpres. Maka, kata Budiman, Prabowo telah disahkan secara undang-undang dan sistem kepemiluan.

“Pak Prabowo fit, tidak ada bukti secara hukum yang mengatakan beliau adalah kriminal. Dan secara politik, beliau sudah jadi bagian dari proses demokrasi sejak 25 tahun lalu hingga sekarang,” ujar Budiman.

“Hari ini kami bersama Pak Prabowo setelah 25 tahun, kami ingin tugas negara dan tugas sejarah tidak berhadapan, kami bersatu. Karenanya, ada ancaman-ancaman, ada situasi-situasi yang mengharuskan kami bersatu. Kami merasa tantangan kami menjadi semakin berat, dan butuh banyak persatuan,” lanjutnya.

Sementara itu, tak jauh beda dengan Budiman, eks komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai, mengatakan bahwa Prabowo bersih dari dugaan pelanggaran HAM. Natalius menilai hal tersebut usai dirinya membaca penyelidikan dari Komnas HAM.

“Hasil penyelidikan Komnas HAM sampai hari ini, dan saya sudah baca, nama Prabowo tidak ada dalam kesimpulan kasus sebagai orang yang melakukan pelanggaran hak asasi manusia,” kata Natalius.

KontraS Beberkan Dugaan Pelanggaran HAM

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) memiliki catatan terkait ketiga capres yang diduga memiliki jejak pelanggaran HAM. 

“Kami sebelumnya juga sudah menyampaikan dari masing-masing capres itu punya rekam jejak berkaitan dengan isu hak asasi manusia,” kata Wakil Koordinator KontraS Andi M. Rizaldy, dikutip dari Suara.

Menurut Andi, Prabowo memiliki rekam jejak yang kelam pada masa menjelang lengsernya pemerintahan Soeharto. Prabowo, kata Andi, diduga turut andil dalam penculikan terhadap aktivis 1997-1998.

Sementara, adapun Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo juga tak bisa lepas dari catatan pelanggaran HAM. Menurut Andi, Anies diduga tersandung masalah pelanggaran HAM ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Capres nomor urut 1 tersebut diduga memiliki keterkaitan dengan isu penggusuran paksa.

Sedangkan, Ganjar juga diduga terlibat dalam permasalahan HAM. Ketika menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, capres nomor urut 3 tersebut tersandung masalah perampasan lahan warga yang ada di Wadas, Purworejo, Jawa Tengah.

Dengan demikian, seperti catatan KontraS, ketiga capres sama-sama diduga tersandung pelanggaran HAM. 

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] gagasan serta pertanyaan yang bisa dibilang cukup berkualitas. Pertanyaan Ganjar Pranowo kepada Prabowo Subianto tentang penyelesaian kasus pelanggaran HAM, misalnya. Atau, pertanyaan Anies Baswedan mengenai etika pencapresan yang juga dialamatkan kepada […]

[…] Jelang Debat Pertama, TKN Prabowo Kumpulkan Aktivis 98 […]

[…] belakang Prabowo, tertangkap kamera, mantan aktivis ’98, Budiman Sudjatmiko, mengangkat tangan dan berdiri bersorak bersama timses […]