Jangan Tidur Setelah Sahur, Bahaya!

by | Apr 3, 2023

Puasa | Ramadan | Sahur

FOMOMEDIA – Habis sahur kamu biasanya ngapain? Jangan langsung tidur, ya, soalnya ternyata bahaya!

Menjalankan ibadah puasa memang banyak cobaan dan tantangannya. Gak cuma soal menahan lapar, haus, dan hawa nafsu, tetapi juga menahan diri untuk tidak melakukan hal yang sebenarnya tidak berdosa jika dilakukan. Seperti menahan diri untuk tidak tidur setelah sahur.

Menahan kantuk setelah sahur memang cukup berat. Terlebih karena durasi dan waktu tidur yang berkurang dan berubah selama bulan puasa. Kita mungkin harus tidur lebih larut karena menuntaskan salat tarawih, tadarus Al-Qur’an, hingga memasak untuk kebutuhan makan sahur. Selanjutnya, baru tidur beberapa jam, kita harus bangun lebih awal untuk sahur.

Selain itu, setelah makan sahur, ada beberapa gejala kimia dalam tubuh yang membuat kita otomatis jadi ingin tidur. Misalnya, pelepasan hormon serotonin dan melatonin yang bisa menyebabkan rasa kantuk serta pengurangan aliran darah ke otak karena sedang berpusat pada organ pencernaan.

Meme Podcast GIF by Smartfren 4G - Find & Share on GIPHY

Menurut berbagai sumber yang FomoMedia kumpulkan, setidaknya ada tiga dampak negatif yang akan terjadi jika kita tidur setelah sahur. Pertama, peningkatan asam lambung. Hal ini terjadi karena posisi berbaring atau tiduran dapat menghambat proses pengosongan lambung dan menyebabkan produksi asam lambung berlebih. Bahkan, asam lambung tersebut dapat menuju ke organ bagian atas dan menyebabkan rasa asam di mulut.

Kedua, tidur setelah sahur menyebabkan Gastro-esophageal Reflux Disease alias GERD. Ini terjadi karena katup antara kerongkongan dan lambung tidak menutup saat kita di posisi tidur. Oleh karena itu, asam lambung bergerak menuju tenggorokan dan membuat kita merasakan seperti terbakar di tenggorokan, mual, dan mulut terasa pahit.

Ketiga, menimbulkan sembelit alias susah buang air besar. Normalnya, tubuh kita butuh waktu dua sampai tiga jam untuk mencerna makanan dengan sempurna. Tidur setelah makan dapat memperlambat proses pencernaan hingga menyebabkan tumpukan makanan yang belum tercerna di dalam lambung. Hal itu yang dapat menyebabkan kita menjadi susah buang air besar.

Agar tidak tertidur setelah sahur

Sebagaimana yang sudah kita bahas di atas, menjaga mata untuk tidak terpejam setelah makan sahur memang akan sangat sulit. Oleh karena itu, FomoMedia punya beberapa tips agar kamu lebih bisa menahan kantuk setelah sahur.

Pertama, mandi agar segar dan bersih. Mandi dapat membuat tubuh lebih segar dan produktif karena otak akan memproduksi dopamin yang membuat kita merasa lebih termotivasi. Oleh karena itu, mandi juga bermanfaat untuk mencegah rasa kantuk.

Kedua, perbanyak ibadah yang menuntut badan bergerak seperti tadarus Al-Qur’an, salat sunah, dan lainnya. Ibadah-ibadah tersebut menuntut gerakan otot badan dan wajah yang pada akhirnya dapat mengurangi rasa kantuk. Walaupun memang, kita juga kerap malah semakin ngantuk setiap beribadah dan kita pun berkata, “Ini karena godaan setan.”

Terakhir, jika kita masih mengantuk, baiknya kita segera bersiap untuk pergi ke masjid untuk beribadah di sana sambil menanti azan subuh yang tak lama lagi berkumandang. Meninggalkan tempat tidur atau sofa nyaman di rumah dan menuju tempat ibadah tentu dapat menguatkan niat kita untuk beribadah dan menghilangkan rasa kantuk.

Penulis: Irwan

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments