Jadi Duta Wisata Saudi, Messi Kena Sanksi

by | May 3, 2023

Arab Saudi | Lionel Messi | Olahraga

FOMOMEDIA – Apakah Lionel Messi disanksi PSG karena dia menjadi duta wisata Arab Saudi? Naga-naganya, sih, begitu.

Niatnya, sih, liburan sambil cari duit sampingan tetapi Lionel Messi justru dapat sanksi dari klubnya, Paris Saint-Germain (PSG).

Pria kelahiran Rosario, Argentina, 24 Juni 1987, tersebut diketahui meninggalkan Paris dan terbang ke Arab Saudi usai PSG ditekuk Lorient, Minggu (30/4) malam. Dalam lanjutan Liga Prancis 2022/23 itu, PSG harus mengakui keunggulan Les Merius dengan skor 1-3.

Usai laga berakhir, La Pulga dikabarkan langsung terbang menuju Arab Saudi. Selang beberapa jam dari kekalahan PSG, Messi langsung naik pesawat.

Akibat ulahnya itu, Messi pun mendapatkan sanksi dari PSG. Ia mendapatkan skors larangan bermain selama dua pekan. Selain itu, beberapa media Prancis seperti L’Equipe menyebut, bahwa Messi juga mendapatkan pengurangan gaji dan larangan berlatih.

Padahal, sebelum menuju Arab Saudi, Messi sudah meminta izin kepada PSG. Namun, sayangnya ia tak mendapatkan izin tersebut. Akhirnya, pria tiga anak tersebut nekat memutuskan untuk terbang ke Arab Saudi.

Messi Jadi Duta Wisata

Aksi nekat Messi terbang ke Arab Saudi itu lantaran dirinya punya pekerjaan sampingan sebagai Duta Pariwisata Arab Saudi. Messi mengunggah foto di media sosialnya tengah berada di Riyadh pada Senin (1/5).

Meski membuat PSG berang, Messi yang pergi secara tiba-tiba ke Arab Saudi justru disambut hangat oleh Menteri Pariwisata Arab Saudi, Ahmed Al-Khateeb.

Melalui akun Twitternya, @AhmedAlKhateeb, Ahmed menyambut sang megabintang engan rasa senang. Bahkan, ia menyatakan bahwa Messi datang ke Arab Saudi adalah untuk liburan. 

“Saya senang menyambut Messi dan keluarganya ke Saudi untuk menikmati tujuan wisata magis dan pengalaman otentik. Kami menyambut pengunjung dari seluruh dunia untuk mengalami perjalanan unik ke Arab Saudi dan keramahannya,” tulis Ahmed.

Dalam unggahan tersebut, disertakan pula beberapa foto yang memperlihatkan sosok Messi bersama istri dan anak-anaknya. Mereka sedang berteduh di bawah pohon kurma. Keluarga tersebut juga terlihat asyik memberi makan rusa.

Messi yang sudah berada di Arab Saudi sejak awal Mei ini, diketahui telah menghadiri sebuah festival tahunan di Jeddah. Sebagai Duta Pariwisata Arab Saudi, ya, memang sudah jadi tugas eks penggawa Barcelona itu untuk mempromosikan event-event dan tempat wisata di negara tersebut.

Dikarenakan adanya sanksi larangan bermain selama dua pekan, kemungkinan Messi akan lebih lama berada di kawasan Timur Tengah. Pria 35 tahun itu sendiri dipastikan akan melewatkan laga PSG melawan Troyes dan Ajaccio dalam lanjutan Liga Prancis.

PSG sendiri merupakan klub pertama yang berani memberi skorsing kepada Messi. Sebelumnya, saat berkostum Barcelona, Messi sama sekali tak pernah mendapat hukuman dari klub. Setidaknya, begitulah versi resminya.

Langkah PSG itu memunculkan dua pertanyaan besar. Pertama, apakah sanksi itu ada kaitannya dengan relasi diplomatik Qatar-Saudi yang memang tidak harmonis? PSG sendiri, boleh dibilang, merupakan representasi pemerintah Qatar di Benua Biru. Apakah status Messi sebagai duta negara rival itu membuat pemerintah Qatar kesal dan meminta PSG untuk menjatuhkan hukuman?

Pertanyaan besar kedua adalah bagaimana nasib Messi di musim panas mendatang? Kontraknya bersama Les Parisien bakal habis. Dengan begini, akankah dia memutuskan hengkang dan bergabung dengan klub milik David Beckham, Inter Miami, di Major League Soccer seperti yang santer diberitakan?

Well, mari kita tunggu!

Penulis: Sunardi

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments