Jadi “Calo” Tiket Coldplay, Putri Indonesia Intelegensia 2019 Dihujat Warganet

by | May 26, 2023

Coldplay | Lycie Joanna | Musik

FOMOMEDIA – Demam percaloan tiket konser Coldplay November mendatang sedang menerpa siapa saja, termasuk Lycie Joanna, Putri Indonesia Intelegensia 2019.

Sosok Lycie Joanna akhir-akhir ini sedang menjadi sorotan banyak pihak. Tak ada yang menyangka jika dirinya terlibat sebagai calo tiket untuk konser grup band asal Inggris.

Lycie awalnya sempat mengaku bahwa dirinya mendapatkan tiket konser Coldplay dari orang dalam. Ia berhasil mengumpulkan sebanyak 100 lembar tiket konser. Dari total tersebut, Lycie membanderol mulai dari Rp1,6 juta hingga Rp21 juta.

“Terima kasih banyak buat teman-teman yang udah bereaksi soal tix coldplay yang saya jual. Untuk yang belum dapat tix dan sakit hati karena tixnya habis, saya minta maaf ya,” tulis Lycie melalui unggahan Instagram Story, seperti dikutip dari tempo.co, Kamis (24/5/2023).

Tak hanya keterangan tentang tiket yang dijual, Lycie dalam story Instagram lainnya juga menyinggung perkara percaloan. Menurutnya, dalam hidup keberadaan calo itu penting.

“Hidup itu harus punya relasi, kalau enggak punya relasi u mau jadi apa? Dalam hidup selalu butuh calo! Sadar enggak sadar orang pernah jadi calo. Kalau enggak bisa punya relasi seenggaknya jangan jadi haters,” tulis Lycie.

Unggahan Instagram Story-nya itu kemudian viral dan menuai reaksi warganet. Banyak warganet yang menghujat Putri Indonesia Intelegensia 2019 ini.

Kemudian, perempuan kelahiran Batam, 30 Juni 1996, tersebut mengklarifikasi bahwa dirinya tidak berniat melakukan monopoli pembelian tiket Coldplay. Terkait masalah orang dalam, menurut Lycie itu mengarah kepada keluarga dan kerabatnya sendiri yang berhasil membeli tiket melalui presale dan public sale.

“Bahwa tidak ada niatan saya untuk monopoli. Juga terkait orang dalam yang saya maksud di sini adalah beberapa kerabat dan keluarga terdekat saya yang memenangkan ticket war Coldplay pada BCA presale juga public sale,” kata Lycie.

Masalah-masalah yang Muncul dari Ticket War Coldplay

Percaloan tiket konser Coldplay tak hanya dilakukan oleh Lycie Joanna. Jauh sebelum ia viral, banyak masalah yang muncul sejak tiket konser Coldplay dijual 19 Mei 2023 lalu.

Pada acara public on-sale tersebut, hanya dalam waktu 6 menit saja tiket Rp11 juta langsung ludes. Dengan waktu sesingkat itu tentu menimbulkan berbagai pertanyaan, kok, bisa secepat itu?

Seorang pakar IT dari ICT Institute, Heru Sutadi, mengungkapkan bahwa para calo bisa menggunakan teknologi untuk membeli tiket. 

“Bisa saja (membeli tiket konser memakai mesin) karena ‘kan ini menggunakan teknologi, para calo tiket pun bertransformasi menggunakan teknologi digital untuk mendapatkan tiket, membelinya untuk kemudian dijual lagi,” kata Heru, dikutip dari tempo.co, Kamis (25/5/203).

Selain masalah war tiket, terdapat juga beberapa korban penipuan jasa titip tiket Coldplay. Sebanyak tujuh orang korban telah diperiksa oleh Bareskrim Mabes Polri. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mendalami kasus penipuan penjualan tiket.

Selain tujuh korban tersebut, diduga sudah ada 60 korban lainnya. Kerugian akibat penipuan calo tiket konser ini ditaksir mencapai Rp183 juta.

Sementara itu, laporan penipuan tiket konser Coldplay tak hanya diterima Bareskrim Mabes Polri saja. Laporan perkara yang sama juga diterima oleh Polda Metro Jaya, Polda Kepulauan Riau, dan Polda Jawa Tengah.

Dari banyaknya masalah penipuan yang dilaporkan tersebut, akhirnya pihak Bareskrim Polri melakukan pemeriksaan terhadap promotor konser. “Kemarin, Rabu (24/5) telah dilakukan pemeriksaan klarifikasi oleh Penyidik Direktorat Siber Polri terhadap promotor,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan, seperti dikutip dari Antara, Kamis (25/5/2023).

Menurut Ramadhan, bahwa kedua saksi berinisial TH dan HS dari PK Entertainment selaku promotor tiket konser tengah diperiksa. keduanya dimintai klarifikasi ihwal perizinan dan mekanisme penjualan serta pengawasan. Hingga saat ini, kasus terkait penipuan calo tiket konser tersebut masih dalam pendalaman lebih lanjut. 

Masalah percaloan yang selalu muncul setiap event harus ada pembenahan yang konkret. Jika tidak, maka kejadian yang sama akan tetap terulang.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Jadi “Calo” Tiket Coldplay, Putri Indonesia Intelegensia 2019 Dihujat Warganet […]