Israel Tetap Serang Hamas Meski Tanpa Dukungan Internasional

by | Dec 14, 2023

Gaza | Hamas | Internasional | Israel | Politik

FOMOMEDIAIsrael tidak peduli dengan desakan internasional terkait gencatan senjata. Negara itu tetap kukuh ingin memusnahkan Hamas.

Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah digelar untuk mengetahui dukungan gencatan senjata permanen Israel dan Hamas, Selasa (12/12/2023). Hasilnya, mayoritas negara internasional mendukung adanya perdamaian.

Namun, langkah PBB dalam memberikan dukungan untuk gencatan senjata tampaknya tak dihiraukan oleh Israel. Negara tersebut diketahui masih ngotot ingin memusnahkan hamas sampai tak tersisa.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa Israel akan tetap melanjutkan serangan melawan Hamas. Menurutnya, meski ada desakan dari PBB dan dunia internasional, Israel akan berhenti jika sudah menang melawan pasukan militan Palestina itu.

Pernyataan Netanyahu tersebut menanggapi Sidang Majelis Umum PBB yang menuntut Israel untuk segera melakukan gencatan senjata. Netanyahu pun menegaskan bahwa negaranya saat ini tidak membutuhkan dikte atau bantuan internasional untuk melawan Hamas.

Menurut laporan BBC, saat ini hubungan Israel dengan PBB telah mencapai titik terendah. Apalagi, saat ini Israel tidak memedulikan saran dari dunia internasional. Bahkan, mereka secara terus menerus membombardir wilayah Gaza yang masih terdapat warga sipil.

Gedung Putih Memperingatkan

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah memberikan respons terhadap berkurangnya dukungan internasional ke Israel. Menurut Biden, hal itu lantaran Israel melakukan aksi pemboman di Gaza tanpa pandang bulu.

Kini, selain peringatan yang diberikan Biden, Gedung Putih tampaknya tak mau kehilangan momen. Melalui Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional, diketahui akan melakukan kunjungan ke Israel pada Kamis (14/12/2023) hari ini.

Baca juga:

Sebelum mendarat di Israel, Sullivan telah mengadakan pembicaraan dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman selama kunjungan ke Arab Saudi. Ia mengadakan diskusi terkait konflik di Gaza dan isu-isu regional lainnya di kawasan Timur Tengah.

Sementara, kunjungannya ke Israel itu, Sullivan akan bertemu dengan Netanyahu dan anggota kabinet perang. Dalam pertemuan tersebut, ia meminta supaya Israel lebih berhati-hati ketika melakukan serangan di Gaza.

Adapun posisi Amerika Serikat saat ini menjadi salah satu dari sepuluh negara yang mendukung Israel dalam Majelis Umum PBB.

Penjualan Senjata Ditunda

Amerika Serikat memang memainkan peran sentral dalam perang Israel dan Hamas. Meski secara terang-terangan mendukung Israel, bukan berarti Amerika Serikat seenaknya membiarkan Israel untuk melakukan serangan tanpa pandang bulu.

Kali ini, senada dengan komentarnya terkait aksi pemboman Israel, Biden diketahui telah menunda penjualan lebih dari 20 ribu senapan buatan Amerika ke Israel. Hal tersebut dikarenakan adanya kekhawatiran serangan Israel ke warga Palestina yang saat ini berada di Tepi Barat wilayah Gaza.

Pemerintah Amerika Serikat di bawah pimpinan Biden merasa khawatir jika penjualan senjata itu tetap dilakukan bakal ada penyalahgunaan. Kekhawatiran tersebut yakni senjata itu dianggap akan jatuh ke tangan para pemukim Israel di Tepi Barat.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] benar-benar tidak menghiraukan desakan dari dunia internasional. Meski mayoritas suara Majelis Umum PBB mendesak untuk segera melakukan gencatan senjata, Israel […]