Israel Bunuh Petinggi Hamas di Lebanon, Hizbullah Siap Membalas

by | Jan 3, 2024

Hamas | Internasional | Israel | Lebanon | Politik

FOMOMEDIA – Salah satu petinggi Hamas tewas dalam serangan Israel di Beirut. Serangan itu juga dianggap telah mengganggu kedaulatan Lebanon.

Wakil pemimpin Hamas bernama Saleh al-Arouri tewas dalam serangan pesawat tak berawak Israel di Beirut, Lebanon, Selasa (2/1/2023). Serangan tersebut semakin memperluas ekses perang Hamas-Israel ke wilayah negara tetangga.

Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mengutuk serangan itu. Menurutnya, serangan tersebut dapat menyebabkan kekerasan regional yang lebih luas.

“[Pembunuhan terhadap Arouri merupakan] kejahatan baru Israel yang dimaksudkan untuk memicu fase konflik baru, menyusul serangan harian di selatan [Lebanon],” kata Mikati, dikutip dari The Guardian.

Serangan yang terjadi di ibu kota Lebanon itu juga menyasar kantor Hamas di Musharafieh, pinggiran selatan Beirut. Dalam serangan itu, selain Arouri, terdapat enam orang anggota Hamas lainnya.

Serang Kedaulatan Lebanon

Hamas mengutuk serangan terhadap salah satu petingginya itu. Kelompok tersebut pun mengatakan bahwa serangan itu telah merusak kedaulatan Lebanon.

Senada dengan Hamas, serangan Israel yang menewaskan petinggi Hamas itu dianggap oleh kelompok Hizbullah sebagai pelanggaran kedaulatan. Hizbullah yang berafiliasi dengan Hamas turut mengecam tindakan Israel.

Sosok Arouri sendiri merupakan tokoh penting dalam Brigade Qassam, sayap bersenjata Hamas. Kehadiran Arouri di Lebanon dalam rangka pertemuan dengan kelompok Hizbullah.

Dengan adanya serangan terhadap Hamas di Lebanon, kini perang semakin meluas. Menurut laporan The Guardian, Hizbullah telah merencanakan hukuman atas serangan serius yang menewaskan Arouri itu.

“[Ini] merupakan perkembangan berbahaya dalam perang antara musuh dan poros perlawanan [yang] tidak akan berjalan tanpa tanggapan atau hukuman. Perlawanan sudah ada di pelatuknya,” kata kelompok Hizbullah, dikutip dari The Guardian.

Israel Siap Menerima Serangan Balasan

Teerkait serangan di Lebanon itu, Israel tidak membantah. Bahkan, mereka membenarkan bahwa mereka yang melakukan pembunuhan itu.

Namun, pemerintah Israel menyebut bahwa serangan itu bukan ditujukan kepada Lebanon, melainkan kepada pentolan Hamas.

“Itu bukan serangan bahkan terhadap Lebanon atau Hizbullah, organisasi teroris,” kata juru bicara Israel Mark Regev, dikutip dari BBC.

“Siapa pun yang melakukan hal ini melakukan serangan bedah terhadap kepemimpinan Hamas. Siapa pun yang melakukan hal ini mempunyai keluhan terhadap Hamas. Itu sangat jelas,” lanjutnya.

Sementara itu, serangan terhadap Arouri di Beirut ini merupakan serangan pertama Israel dalam kampanye pembunuhan di luar negeri. Kampanye ini dianggap telah dirancang oleh pejabat Israel selama beberapa bulan sebelumnya.

Kini, pasukan Israel berada dalam kesiapan tinggi menerima serangan balasan.ย 

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

[…] sendiri makin geram dengan Israel. Ketegangan ini kian menjadi sejak Israel melakukan serangan terhadap petinggi Hamas di Beirut, Lebanon. Serangan yang dilakukan pada Januari 2024 tersebut membuat murka Perdana Menteri Lebanon Najib […]

[…] Israel Bunuh Petinggi Hamas di Lebanon, Hizbullah Siap Membalas […]

Tree Email

I loved even more than you will get done right here. The picture is nice, and your writing is stylish, but you seem to be rushing through it, and I think you should give it again soon. I’ll probably do that again and again if you protect this walk.