Instruktur Yoga Rumania Didakwa Lakukan Perdagangan Manusia

by | Nov 29, 2023

Internasional | Kriminal | Rumania

FOMOMEDIA – Seorang pria yang menjadi instruktur yoga justru terlibat perdagangan manusia. Bahkan, aksinya itu juga melakukan pelecehan seksual.

Kepolisian Prancis berhasil menangkap pemimpin organisasi yoga tantra internasional yang diduga melakukan perdagangan manusia. Pelaku yang berasal dari Rumania tersebut juga dianggap terlibat dalam pelecehan dan eksploitasi perempuan.

Pria tersebut diidentifikasi sebagai Gregorian Bivolaru (julukan yang disematkan pada seorang “guru”). Ia dicurigai melakukan perdagangan manusia dan pelecehan seksual yang terorganisir dan sistematis.

Menurut laporan The Guardian, pria berusia 71 tahun tersebut ditahan oleh kepolisian di Paris, Selasa (28/11/2023) kemarin. Bahkan, pihak kepolisian setempat harus melakukan operasi besar-besaran untuk menangkap Bivolaru.

Dalam penggerebekan di Paris itu, setidaknya kepolisian mengerahkan 175 personel. Dari total polisi yang dikerahkan, mereka juga berhasil menangkap 41 komplotan lainnya yang tersebar di Paris, Seine-et-Marne, Val-de-Marne dan Alpes-Maritimes.

Bivolaru dan organisasinya diperiksa lantaran adanya dugaan manipulasi psikologis dan eksploitasi seksual. Hal tersebut terungkap usai ada salah satu anggota yoga yang melaporkan kepada pihak berwenang.

Banyak Dakwaan

Sosok Bivolaru menggegerkan publik Eropa. Ia jadi salah satu orang yang berhasil mengorganisir dengan cerdik perdagangan manusia. Kini, instruktur yoga itu dikenakan banyak dakwaan. Mulai dari perdagangan manusia, penculikan, pemerkosaan, dan penyalahgunaan organisasi.

Organisasi kepolisian internasional, Interpol, memerintahkan penangkapan terhadap Bivolaru. Sosok tersebut dicari atas nama pihak berwenang di Finlandia lantaran diduga melakukan perdagangan manusia yang parah.

Para perempuan yang menjadi bagian dari sekte Bivolaru dianggap telah mengalami indoktrinasi. Bahkan, parahnya, doktrin tersebut mengarah pada pemaksaan praktik seksual.

Perempuan yang menjadi anggota yoga tantra Bivolaru tersebut akan mendapat rumah tersendiri. Di tempat itulah Bivolaru menjalankan praktik bejatnya.

Di Prancis sendiri, sesuai dengan tempat penggerebekan polisi, terdapat beberapa lokasi yang dijadikan kegiatan praktik yoga tantra. Namun, alih-alih mengajarkan yoga tantra yang benar, Bivolaru justru menyesatkan para anggotanya.

Menurut investigasi yang dilakukan di Prancis tersebut, aparat menemukan bukti bahwa banyak siswa yang dipaksa melakukan hubungan seksual. Bahkan, para siswa di organisasi tersebut dipaksa untuk melakukan obrolan secara eksplisit dan vulgar untuk mendapatkan uang.

Kini, praktik yoga tantra internasional yang dijalankan Bivolaru sedang diselidiki lebih lanjut. Tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada tempat-tempat lain yang belum terungkap.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments