Indonesia Kembali Terpilih Jadi Anggota Dewan HAM PBB

by | Oct 11, 2023

Dewan HAM PBB | Indonesia | Internasional | PBB

FOMOMEDIA – Indonesia kembali menjadi anggota Dewan HAM PBB. Amanah semacam ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Indonesia kembali terpilih menjadi anggota Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) periode 2024-2026. Pemilihan yang berlangsung dalam Sidang Umum PBB di New York, Selasa (10/10/2023) kemarin, menjadikan Indonesia terpilih untuk keenam kalinya.

Terpilihnya Indonesia sebagai anggota Dewan HAM itu untuk mewakili Asia-Pasifik. Menariknya, seperti periode sebelumnya, Indonesia lagi-lagi berhasil memperoleh suara paling banyak di antara negara Asia lain.

Dalam pemungutan suara yang dilakukan secara tertutup, Indonesia berhasil menduduki peringkat teratas dengan 186 suara. Kemudian, peringkat kedua diikuti oleh Kuwait dengan 183 suara, dan Jepang dengan 175 suara. Sementara, Tiongkok berada di posisi terakhir dengan memperoleh 164 suara.

“Ini merupakan wujud kepercayaan yang diberikan bagi Indonesia untuk terus dapat berkontribusi bagi pemajuan dan perlindungan HAM,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dikutip dari Antara.

Adapun Indonesia masuk ke dalam kursi Dewan HAM PBB pertama kali pada 2006-2007. Kemudian, Indonesia juga menjadi anggota pada 2007-2010, 2011-2014, 2015-2017, dan 2020-2022.

Tiga Prioritas Utama Indonesia

Menurut Retno, dengan terpilihnya kembali Indonesia sebagai Dewan HAM PBB, akan ada tiga prioritas Indonesia dalam menjalankan amanah itu.

Pertama, Indonesia ingin meningkatkan kapasitas negara-negara dalam mempromosikan dan melindungi HAM. Di dalam negeri sendiri, kata Retno, Indonesia akan mendorong penguatan implementasi Rencana Aksi Nasional HAM. Mulai dari isu kesetaraan gender, perlindungan hak anak dan perempuan, serta hak atas kesehatan dan pembangunan.

Kedua, Indonesia ingin mendorong dialog intensif antarnegara dengan kelompok-kelompok di kawasan. Salah satunya yakni memperkuat kerja sama dengan badan-badan regional dan global.

Ketiga, Indonesia akan mendorong implementasi nilai-nilai Universal Declaration of Human Right dan mendorong penguatan multilateralisme dengan prinsip solidaritas, inklusivitas, dan kesetaraan.

Sementara itu, saat ini Dewan HAM PBB terdiri atas 47 negara anggota PBB. Di wilayah Asia-Pasifik terdapat 13 negara perwakilan, Amerika Selatan dan Karibia diwakili delapan negara, Eropa Timur diwakili enam negara, dan wilayah lainnya diwakili tujuh negara.

Kini, selain Indonesia, Jepang, Kuwait, dan China, beberapa negara lainnya yang menjadi Dewan HAM PBB 2024-2027 yakni Albania, Brazil, Bulgaria, Burundi, Pantai Gading, Kuba, Republik Dominika, Prancis, Ghana, Malawi, dan Belanda. Total ada 15 anggota Dewan HAM PBB di periode baru ini.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments