Iming-iming 1 Juta Yen, Kota di Jepang Kumpulkan Klan Suzuki

by | Dec 8, 2023

Genealogi | Internasional | Jepang

FOMOMEDIA – Keluarga dari klan Suzuki akan mendapat 1 juta yen jika mau tinggal di Kota Kainan, Jepang. Namun, tak ada yang tertarik pindah ke kota itu.

Jepang merupakan salah satu negara dengan sejarah genealogi penduduk yang panjang. Maka, garis keturunan manusia dalam hubungan keluarga sedarah pun dianggap penting di Negeri Sakura.

Kali ini, sebuah kota bernama Kainan sedang mencari orang atau keluarga dari klan “Suzuki”. Kota tersebut menawarkan kepada penduduk Jepang untuk pindah ke sana dengan tawaran jutaan yen.

Menurut laporan The Guardian, sebagai “tempat kelahiran” Suzuki, Kainan memutuskan untuk memanfaatkan relasi historis dengan nama keluarga paling umum kedua di Jepang itu. Pada 2021, kampanye tersebut pertama kali muncul. Kampanye itu setidaknya menargetkan 750 ribu orang bernama Suzuki yang tinggal di Tokyo dan sekitarnya untuk pindah ke Kainan.

Kainan menawarkan kepada setiap rumah tangga yang bisa membuktikan bahwa nama keluarganya adalah Suzuki, mereka akan menerima 1 juta yen atau sekitar Rp107,8 juta. Jumlah tersebut akan diterima dengan kelipatan yang sama kepada tiap orang atau anak di bawah usia 18 tahun. Jika ada tiga nama Suzuki dalam satu keluarga, maka akan diberikan 3 juta yen.

Tak Diminati

Dua tahun sejak pertama kali kampanye dilakukan, upaya repopulasi di Kainan dinyatakan gagal. Tak ada seorang pun dengan nama Suzuki datang untuk tinggal di kota tersebut.

“Saya dapat memastikan bahwa sejauh ini tidak ada satu pun Suzuki-san yang pindah ke Kainan,” kata Tomonari Fujita selaku kepala divisi pengembangan Kota Kainan, dikutip dari The Guardian.

Meski sudah diiming-imingi uang jutaan yen, nyatanya tak ada yang tertarik untuk pindah ke Kainan. Padahal, jika orang-orang yang mau pindah ke kota tersebut, mereka dianggap akan terhubung kembali dengan leluhur.

Adapun klan Suzuki sendiri sudah menempati Kainan sejak periode Heian (794-1185). Di tempat tersebut, klan Suzuki membawa pengaruh yang luar biasa. 

Klan Suzuki berperan besar dalam penyebaran agama Shinto. Hingga kini, relasi genealogi dari klan tersebut masih terjaga. Sayangnya, saat ini mereka terancam tercerabut dari akar historis Kainan.

Sempat Berjaya

Kainan pada masa Edo (1603-1868) sempat merasakan kejayaan yang dihuni orang-orang Suzuki. Klan tersebut bahkan menjadi ciri khas Kainan.

Pada masa Edo tersebut, saking menjamurnya klan Suzuki, banyak pabrik dan produk yang bernama Suzuki. Hingga saat ini, salah satu yang terkenal seperti produk motor dan mobil Suzuki.

Kini, pemerintah Jepang masih ingin mengumpulkan orang-orang yang memiliki nama Suzuki. Mereka tak mau kebudayaan yang dibawa klan tersebut hilang begitu saja.

Namun, usaha yang dilakukan pemerintah Jepang jelas tidak mudah. Apalagi, negara tersebut saat ini menghadapi fenomena penurunan populasi

Populasi penduduk Jepang turun sangat drastis. Pada 2022, jumlah penduduk negara itu sebesar 125,4 juta. Sementara, menurut prediksi, pada 2070 Jepang hanya akan dihuni 87 juta orang saja.

Hmm… Kira-kira, kalau saya bawa Suzuki Shogun ke Kainan, apakah saya akan mendapat 1 juta yen juga?

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Gempa bumi dahsyat melanda Jepang pada momen tahun baru, Senin (1/1/2024). Dengan guncangan kekuatan magnitudo 7,6 telah membuat puluhan bangunan, kendaraan, dan jalanan rusak parah. […]

[…] Jepang akhirnya meluncurkan reaktor fusi nuklir eksperimental terbesar di dunia. Peluncuran pada Jumat (1/12/2023) tersebut dianggap sebagai jawaban terhadap kebutuhan energi masa depan umat manusia. […]