Harta Karun 50 Ribu Koin Perunggu Zaman Romawi Ditemukan

by | Nov 7, 2023

Arkeologi | Internasional | Italia | Romawi

FOMOMEDIA – Puluhan ribu koin dari zaman Romawi ditemukan di dasar laut. Kini, muncul dugaan ada bangkai kapal yang menyimpan harta karun.

Sebuah penemuan mengejutkan dunia arkeologi. Baru-baru ini para arkeolog di Italia menemukan puluhan ribu koin perunggu yang berasal dari zaman Romawi.

Menurut laporan The Guardian, koin yang berada di dekat pantai Sardinia, Italia, tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang penyelam. Menurut perkiraan, setidaknya ada 30 ribu hingga 50 ribu koin perunggu di tempat itu.

Semenjak ditemukannya koin tersebut, Kementerian Kebudayaan Italia langsung melakukan pencarian lebih lanjut. Namun, mereka tidak merilis secara pasti informasi pertama kali kapan koin itu ditemukan penyelam.

Para tim penyelidik langsung bergegas. Mereka pun langsung menyelam ke dalam laut untuk menggali temuan koin perunggu itu. Diduga koin-koin tersebut telah berasal dari paruh pertama abad ke-4 masehi.

Koin Romawi kuno yang ditemukan disebut follis, koin perunggu yang diperkenalkan sekitar tahun 294 M lewat reformasi moneter mantan kaisar Romawi Diocletian,” tulis The Guardian.

Tulisan Masih Terbaca

Penemuan koin perunggu masa Romawi tersebut memang menarik. Meski berasal dari ribuan tahun lalu, menurut Kementerian Kebudayaan Italia, tulisan di koin tersebut masih bisa dibaca dengan jelas.

Sementara itu, menurut Luigi La Rocca, seorang pejabat dari Departemen Arkeologi Sardinia, penemuan koin-koin tersebut menjadi cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Apalagi, koin-koin tersebut ditemukan di kedalaman air yang berada di antara rumput laut dan pasir.

Para tim pencari koin sejauh ini baru mengumpulkan dan belum selesai menghitung secara pasti. Namun, dikarenakan jumlah koin yang banyak, diduga bahwa akan masih ada banyak penemuan lain di sekitar lokasi koin berada.

Dugaan sementara, di sekitar lokasi koin perunggu itu berada terdapat sebuah bangkai kapal. Dugaan ini cukup kuat mengingat kedalaman laut hingga jumlah penemuan yang masih terjadi.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments