Hanya di Indonesia Kura-Kura Hidup Dipaketin via Jasa Ekspedisi

by | May 3, 2023

Kura-Kura | Online Shop | Satwa

FOMOMEDIA – Mengirim paket memang sudah jadi hal biasa. Namun, apa jadinya jika yang dikirim adalah hewan hidup?

Jagat media sosial akhir-akhir ini sedang dihebohkan dengan sebuah video seekor kura-kura yang dikirim lewat jasa pengiriman paket. Kura-kura yang dikirim tersebut terlihat dibungkus dengan lakban berwarna oranye, lengkap beserta alamat tujuan atau resi dari paket.

Video yang viral itu pertama kali diunggah oleh akun TikTok berinisial @abdollah_surya. Per Rabu (3/5/2023), video tersebut sudah tidak tersedia di TikTok, tetapi video itu sudah kadung diunggah ulang oleh akun Twitter @txtdarionlshop pada Selasa (2/5).

Sejak diunggah ulang di Twitter, video kura-kura hidup yang dipaketin itu sudah disaksikan lebih dari 1,1 juta kali, terhitung Rabu (4/5).

Diketahui bahwa kura-kura yang dikirim via jasa paket itu hanya dipakaikan pampers. Hal tersebut pun mengundang reaksi dari sang kurir.

“Mas, mbak, nek tuku ki mbok yo sing pengertian. Mosok tuku kura-kura ngene iki rek-rek, lha iki deloken ndase njengok-ngok jancik iki pie lek ku noto?” kata seorang kurir yang mengambil video.

Jika diartikan, kira-kira seperti ini: “Mas, mbak, kalau beli itu ya harus pengertian. Masak beli kura-kura seperti ini, rek-rek, nah ini lihatlah kepalanya keluar-keluar, gimana caraku menata?”

Dilihat secara seksama dari video yang viral itu, pengiriman hewan yang masih hidup tersebut tentu tidak sesuai prosedur. Alih-alih diberikan tempat khusus, kura-kura itu justru dicampur dengan barang-barang benda mati lainnya yang akan dikirim.

Video yang diunggah ulang itu ramai dan mengundang berbagai reaksi dari warganet Twitter. Bahkan, akun Twitter @bims_mallie membagikan video serupa, yakni hewan biawak yang masih hidup, dikemas secara manual laiknya paket-paket benda mati.

Beberapa warganet lainnya juga memberikan komentar ihwal video itu. Banyak yang menganggap bahwa perilaku pengiriman hewan seperti di video tersebut termasuk dalam hal yang biadab.

“Minta info dong olshop yang biadab begitu? Terima kasih,” balas akun @penguasahati. 

“Konsekuensi budaya melihat hewan sebagai benda, bukan makhluk hidup. Ngeliat burung sebagai hiasan/penghasil suara aja, ngeliat ikan sebagai hiasan/sumber penghasilan” balas akun @HellCreekAlcedo menimpali.

Kemudian, salah satu komentar yang menarik adalah ada warganet yang mempertanyakan mengapa bisa diterima oleh jasa ekspedisi. “Lah, yang aneh juga di jasa ekspedisinya, kenapa diterima? Biasanya waktu sebelum diinput ke sistem kan dicek dulu barangnya apa,” kata @sometimesadel.

Penulis: Sunardi

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Hanya di Indonesia Kura-Kura Hidup Dipaketin via Jasa Ekspedisi […]