Greta Thunberg Didenda karena Tak Patuhi Polisi

by | Jul 25, 2023

Gen Z | Greta Thunberg | Internasional | Krisis Iklim | Lingkungan

FOMOMEDIA – Greta Thunberg didenda oleh pengadilan dan ini merupakan vonis pertamanya sejak lulus sekolah. Namun, ia kukuh aksi yang dilakukannya benar.

Aktivis lingkungan Greta Thunberg dinyatakan bersalah karena tidak mematuhi perintah polisi untuk meninggalkan aksi protes iklim. Dari putusan tersebut, perempuan yang berusia 20 tahun itu didenda oleh pengadilan Swedia.

Denda yang dijatuhkan ke Thunberg tersebut adalah buntut panjang aksi protesnya yang dianggap “tidak mematuhi perintah polisi”. Ia bersama teman-temannya melakukan aksi protes dan blokade kapal minyak tanker di sebuah pelabuhan di Malmoe, Swedia, 19 Juni 2023 lalu.

Thunberg bersama 20 anak muda lainnya itu tergabung dalam Take Back the Future melakukan protes tersebut selama enam hari. Hingga akhirnya pihak kepolisian pun menyuruh para pengunjuk rasa itu untuk meninggalkan lokasi dan membuka blokade jalan.

BACA JUGA:

Thunberg dan beberapa kawannya tak menghiraukan perintah polisi. Mereka pun akhirnya ditangkap oleh polisi dan dituntut telah melanggar hukum.

“Tindakan saya dapat dibenarkan. Saya percaya bahwa kita berada dalam keadaan darurat yang mengancam kehidupan, kesehatan, dan harta benda. Banyak orang dan komunitas yang berisiko baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang,” kata Thunberg di pengadilan di Malmoe, dikutip dari The Guardian.

Hukuman Pertama Thunberg

Persidangan yang dilakukan pada Senin (24/7) kemarin itu memutuskan bahwa Thunberg bersalah. Putusan tersebut menjadi vonis pertama bagi Thunberg yang berurusan dengan hukum.

Meski tidak dipenjara, ia tetap didenda oleh pihak pengadilan. Namun, jumlah denda yang diberikan belum jelas berapa banyak Thunberg harus membayar. Beberapa sumber menyebut denda tersebut berdasarkan pada pendapatan aktivis muda itu.

Thunberg yang baru saja merayakan kelulusan dari sekolah itu memang sudah beberapa kali berurusan dengan polisi. Tapi, baru kali ini ia sampai diseret ke meja hijau dan divonis bersalah.

Sementara itu, gelombang protes yang ia ikut suarakan terus meluas. Thunberg memulai aksi protesnya itu ketika berusia 15 tahun. Ia pada waktu itu selalu membolos sekolah tiap Jumat.

Aksi bolos sekolah itu ia lakukan untuk melakukan protes terkait krisis iklim di Stockholm, Swedia. Protes yang dilakukan di luar gedung parlemen Swedia tersebut terus meluas dan semakin diikuti banyak kalangan anak muda.

Aksi saban Jumat itu pun berubah jadi gelombang protes perubahan iklim yang masif.. Gerakan protes pun semakin menyebar ke berbagai penjuru dunia. Para anak muda tersebut mendesak para pemimpin dunia untuk bertindak terhadap krisis iklim.

Thunberg dan para anak muda di Stockholm telah menyadarkan tentang krisis iklim yang kian nyata. Namun, perjuangannya baru saja dimulai. 

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments