Go-Fud dan AMIN Daftar Capres-Cawapres ke KPU, Prabowo Kapan Daftar Ulang?

by | Oct 19, 2023

Anies Baswedan | Ganjar Pranowo | Komisi Pemilihan Umum | Mahfud MD | Muhaimin Iskandar | Pilpres 2024 | Politik

FOMOMEDIA – Pendaftaran peserta capres dan cawapres telah dibuka oleh KPU. Pasangan Go-Fud dan AMIN kompak mendaftar pada hari yang sama.

Bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mendaftarkan diri sebagai peserta Pilpres 2024. Pasangan tersebut jadi pasangan pertama yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sebelum berangkat ke KPU, Anies dan Cak Imin meminta restu ibunda Anies. Setelah itu, pasangan tersebut berangkat ke kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kemudian, dari DPP PKS, mereka menuju Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan selanjutya ke DPP Partai Nasdem.

Setelah dari kantor partai-partai pengusung, Anies dan Cak Imin langsung menuju ke kantor KPU RI di Jakarta. AMIN tiba di KPU pada Kamis (19/10/2023) sekitar pukul 10:00 WIB. Mereka berdua diantar oleh para ketua umum partai politik yang mendukungnya. Pendaftaran ini molor dari jadwal semula, yaitu pukul 08:00 WIB.

Anies dan Cak Imin pun langsung melakukan pendaftaran. Di lokasi tersebut, pasangan dari Koalisi Perubahan tersebut disambut oleh Sekretaris Jenderal KPU RI, Bernard Dermawan.

Setelah mengisi berkas pendaftaran, Anies dan Cak Imin langsung menyerahkan syarat capres cawapres ke KPU. Hasyim Asy’ari, Ketua KPU RI, langsung menerima dokumen syarat pendaftaran tersebut.

Menariknya, dalam prosesi pendaftaran, Anies dan Cak Imin sekaligus menggelar pesta rakyat. Sudirman Said selaku juru bicara Anies, mengatakan bahwa hal tersebut memang sengaja dilakukan.

“Suasananya adalah suasana festival, suasana pesta rakyat. Ada Reog Ponorogo, ada tanjidor, ada komunitas Tionghoa yang menyumbangkan barongsai, dan beberapa kesenian daerah,” kata Sudirman, dikutip dari BBC News Indonesia.

Selain diikuti oleh para ketua partai pendukung, Anies dan Cak Imin juga dikawal oleh sejumlah relawan. Para pengawal pasangan tersebut terlihat memakai pakaian adat dari berbagai daerah.

Go-Fud Menyusul

Tak mau ketinggalan dengan AMIN, pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Go-Fud) juga telah mendaftarkan diri sebagai peserta Pilpres 2024 hari ini. Pasangan tersebut baru diumumkan oleh PDIP pada Rabu (18/10/2023) kemarin.

Pasangan Ganjar-Mahfud seharusnya sudah melakukan pendaftaran pada pukul 11:00 WIB. Akan tetapi, karena Anies dan Cak Imin molor, mereka pun mesti menunggu. Sebelum menuju ke Gedung KPU, Tim Pemenangan Ganjar Presiden (TPN GP) menggelar upacara dan doa bersama di Monumen Proklamasi.

Setelah itu, barulah pasangan Ganjar-Mahfud bertolak menuju KPU. Mereka pun dikawal relawan, para ketua umum partai pengusung termasuk Megawati Soekarnoputri, serta para petinggi TPN GP yang dipimpin Arsjad Rasjid.

Jika Ganjar dan Mahfud menumpang mobil sedan Cadillac, yang merupakan mobil dinas Ir. Soekarno dulu, Megawati dan pimpinan parpol pengusung lainnya berangkat ke KPU dengan menaiki bus.

Hingga 25 Oktober

Pendaftaran peserta capres dan cawapres dalam Pemilu 2024 bakal dibuka mulai dari 19 hingga 25 Oktober 2023. Pendaftaran tersebut bisa dilakukan di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut laporan DetikNews, pendaftaran dari 19-24 Oktober 2023 dibuka mulai pukul 08:00-16:00 WIB. Sedangkan, khusus di tanggal 25 Oktober 2023, pendaftaran dibuka pukul 08:00-23:59 WIB.

Kini, tekanan ada di pihak Prabowo Subianto dan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Mereka belum memutuskan siapa yang bakal menjadi cawapres pendamping Prabowo.

Awalnya memang ada nama Gibran Rakabuming Raka yang mencuat sebagai kandidat terkuat. Akan tetapi, seiring dengan buruknya tanggapan masyarakat atas putusan batas usia capres-cawapres dari Mahkamah Konstitusi (MK), KIM tampak seperti tengah menimbang ulang.

Belakangan, justru nama cawapres yang lebih kerap dirumorkan bakal mendampingi Prabowo adalah Erick Thohir. Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri BUMN itu akan bersaing dengan Yusril Ihza Mahendra yang juga sudah mengurus surat tidak pernah dipidana.

Lalu, kapankah kubu Prabowo menyusul Go-Fud dan AMIN?

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments