Gila! Israel Berencana Gusur Paksa Semua Orang Palestina dari Gaza

by | Nov 2, 2023

Internasional | Israel | Palestina | Politik

FOMOMEDIAIsrael berencana menggusur semua orang Palestina di Gaza. Rencana tersebut muncul dari data intelijen yang dibocorkan.

Sebuah dokumen setebal 10 halaman yang dibuat oleh Kementerian Intelijen Israel bocor. Dokumen tersebut merekomendasikan pemindahan lebih dari 2,3 juta penduduk Gaza ke Semenanjung Sinai Mesir. 

Dokumen rahasia tersebut diketahui publik setelah majalah budaya Israel Mekomit mengulasnya pada 13 Oktober 2023. Dalam ulasannya, dokumen intelijen telah bocor dan menyarankan supaya masyarakat sipil Gaza dievakuasi.

Sementara media Vice melaporkan bahwa warga sipil Gaza akan ditempatkan di tenda-tenda selama perang berlangsung. Dan, untuk menjamin keamanan warga yang dievakuasi, maka akan dibuatkan keamanan tertutup yang membentang beberapa kilometer di dalam wilayah Mesir.

Selain itu, laporan tersebut menyebutkan bahwa strategi tersebut disampaikan kepada komunitas internasional sebagai pendekatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Gaza. Paling tidak, Israel bisa terlihat meminimalisasi korban sipil dalam serangan mereka di Gaza.

Pemindahan ke wilayah tersebut tentu bukan tanpa sebab. Apalagi, jika perang berakhir, pasukan Israel bisa memukul habis pasukan Hamas.

Evakuasi Orang Palestina Belum Tentu Dilakukan

Bocornya dokumen intelijen tersebut tidak terlalu dipermasalahkan oleh Israel. Apalagi, menurut laporan The Cradle, keberadaan dokumen tersebut tidak serta merta menunjukkan bahwa rekomendasinya dilaksanakan oleh lembaga keamanan Israel.

Kementerian Intelijen Israel yang dipimpin oleh Gila Gamliel dari Partai Likud, menjelaskan bahwa lembaganya tidak mengendalikan badan intelijen mana pun. Namun, secara mandiri lembaga itu dianggap menyiapkan makalah untuk sebuah kebijakan dan perlu dipertimbangkan oleh pemerintah serta badan keamanan Israel.

Meski belum tentu dilakukan, hingga per 1 November 2023, pasukan militer Israel masih mengepung wilayah Gaza. Bahkan, aliran listrik, air, dan distribusi logistik telah diputus oleh Israel.

Dengan demikian, bukan tidak mungkin bahwa rencana untuk meratakan bangunan di Gaza dilakukan. Sejak serangan Hamas pada Sabtu (7/10/2023) lalu, pejabat Israel sangat murka dan berulang kali mengeluarkan peringatan kepada warga Palestina untuk segera pindah ke Gaza bagian selatan jika invasi darat terjadi.

Baca juga:

Dokumen Sengaja Dibocorkan

Menurut pejabat di Kementerian Intelijen Israel, bahwa dokumen yang bocor tersebut memang asli. Namun, seharusnya dokumen tersebut tidak seharusnya sampai ke media.

Sementara itu, masih menukil laporan The Cradle, seorang aktivis sayap kanan Israel menyebut bahwa dokumen Kementerian Intelijen yang dibocorkan tersebut memang sengaja. Pemerintah Israel dianggap ingin mengetahui apakah “masyarakat Israel siap menerima gagasan pemindahan dari Gaza”.

Di dalam dokumen, secara eksplisit dijelaskan bahwa pemindahan warga sipil dari Gaza harus segera dilakukan. Hal itu merupakan skenario terburuk jika perang akan terus dilanjutkan.

“Penting untuk membiarkan jalur lalu lintas ke arah selatan dapat digunakan, untuk memungkinkan evakuasi penduduk sipil menuju Rafah,” kata dokumen tersebut, dikutip dari The Cradle.

Di dalam dokumen tersebut juga dijelaskan bahwa Israel memanfaatkan peran Amerika Serikat untuk menekan Mesir. Bahkan, negara-negara lain di Eropa seperti Yunani, Spanyol, dan Kanada harus bersiap untuk menampung para pengungsi dari Gaza.

Lantas, apakah dokumen bocor tersebut merupakan skenario yang bakal diterapkan Israel? Jika iya, maka negara tersebut benar-benar tak mengindahkan kemanusiaan.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] 10 Desember 2023 kemarin, sembilan gelombang pengungsi Rohingya asal Myanmar telah datang ke Indonesia. Gelombang pertama mendarat pada 14 November 2023 […]

[…] Gila! Israel Berencana Gusur Paksa Semua Orang Palestina dari Gaza […]