Gibran Resmi Diusung Jadi Cawapres Prabowo

by | Oct 23, 2023

Gibran Rakabuming Raka | Pilpres 2024 | Politik | Prabowo Subianto

FOMOMEDIA – Prabowo telah memilih Gibran sebagai cawapresnya. Meski unggul dalam survei, gugatan batas maksimal capres-cawapres masih menghantui Prabowo.

Gibran Rakabuming Raka akhirnya jadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto. Nama Wali Kota Surakarta tersebut diumumkan Prabowo, Minggu (22/10/2023) kemarin.

Keputusan Prabowo tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Mulai dari Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, PBB, Partai Garda Republik, dan Partai Prima hadir mendukung keputusan itu.

“Kita telah berembuk secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres KIM untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo, dikutip dari Republika.

Nama Gibran dipilih usai pertemuan para ketua umum partai yang tergabung dalam KIM mengadakan rapat pimpinan nasional. Rapat yang digelar di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta, pada Sabtu (21/10/2023) tersebut memutuskan Gibran untuk maju mendampingi Prabowo.

Adapun sebelumnya, sosok Gibran telah santer terdengar dan diisukan akan jadi cawapres Prabowo. Apalagi, sejak putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin (16/10/2023) lalu, jalan Gibran semakin mulus.

Meski Gibran belum berusia 40 tahun, dirinya bisa maju lantaran telah pernah atau sedang menjabat sebagai kepala daerah. Syarat itulah yang dibutuhkan Gibran untuk bisa jadi pendamping Prabowo.

Pasangan capres dan cawapres tersebut rencananya akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023).

Prabowo Unggul di Survei LSI

Lembaga Survei Indonesia (LSI) telah merilis hasil survei elektabilitas para capres dan cawapres. Mulai dari pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Survei LSI tersebut dilakukan sebelum Prabowo mengumumkan nama cawapresnya. Meski begitu, survei tersebut telah memasangkan mereka berdua untuk bersaing dengan calon lainnya.

Hasilnya, dalam simulasi tiga nama, Prabowo-Gibran mendapat 35,9 persen suara, unggul dibandingkan dengan dua pasangan calon lain. Ganjar-Mahfud mendapatkan 26,1 persen dan Anies-Muhaimin 19,6 persen.

Survei yang dilakukan pada 16-18 Oktober 2023 tersebut dilakukan terhadap warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Data yang dikutip dari Kompas tersebut menunjukkan populasi survei yakni 83 persen dari total populasi nasional.

Batas Usia Maksimal

Senin (23/10/2023) ini, MK telah menolak gugatan syarat batas usia maksimal capres-cawapres 70 tahun yang salah satunya diajukan oleh Rudy Hartono dengan nomor 107/PUU-XXI/2023.

Dengan demikian, Prabowo yang sudah berusia 72 tahun dipastikan bisa maju sebagai capres untuk ketiga kalinya pada Pemilu 2024 mendatang.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments