Gen Z Alami ‘Menu Anxiety’, Takut Pesan Makanan di Restoran

by | Dec 31, 2023

Gen Z | Makanan | Psikologi | Riset

FOMOMEDIA – Menu anxiety, atau kecemasan saat melihat menu restoran, dialami oleh 86% Gen Z. Mengapa ini bisa terjadi?

Masalah kecemasan yang dialami oleh Gen Z semakin merambah ke berbagai aspek. Tak hanya berpengaruh pada aspek sosial dan karier, kecemasan Gen Z kini juga terjadi ketika mereka memesan makanan di restoran. Menurut survei terbaru, fenomena ini disebut sebagai menu anxiety atau kecemasan menu.

Menurut laporan Business Insider, survei ini dilakukan oleh sebuah restoran asal Inggris bernama Prezzo. Lebih dari 2.000 orang disurvei untuk mengetahui seberapa nyaman mereka ketika makan di restoran. Hasilnya, 86 persen Gen Z mengalami menu anxiety.

Sebagian besar kecemasan tersebut muncul akibat tidak menemukan makanan yang mereka sukai dalam menu. Selain itu, harga makanan juga berpengaruh dalam memunculkan rasa cemas. Sebagian lagi menyebutkan kekhawatiran terhadap rasa menyesal setelah memesan suatu menu.

Akibatnya, daftar menu menjadi salah satu hal yang penting ditilik oleh Gen Z dan generasi milenial sebelum pergi ke restoran. Sebanyak 38 persen responden dari kedua generasi tersebut mengaku bahwa mereka tak akan pergi ke suatu restoran jika tidak mengecek menunya terlebih dahulu.

Meskipun daftar menu menjadi hal yang penting, lebih dari sepertiga Gen Z mengaku cemas ketika dihadapkan pada pilihan menu yang terlalu banyak. 

Sulitnya nama makanan juga menjadi momok tersendiri, terutama bagi pengunjung dengan usia 25-34 tahun. Setengah dari pengunjung dalam rentang usia tersebut merasa khawatir tidak bisa menyebutkan nama makanan dengan tepat.

Pengaruh Media Sosial

Generasi muda, seperti Gen Z dan milenial, menjalani hidup yang banyak dipengaruhi oleh media sosial. Kondisi ini menyebabkan mereka lebih peduli akan bagaimana mereka tampak di muka publik.

Alhasil, generasi muda pengguna media sosial cenderung kerap mengalami emosi negatif, seperti kecemasan, stres, dan kesepian. Kondisi tersebut menyebabkan aktivitas yang tampak biasa saja, seperti makan di tempat umum atau di restoran, menjadi suatu tantangan yang serius bagi mereka.

Media sosial menjadi acuan bagi generasi muda dalam menjalani hidupnya, termasuk dalam hal memilih makanan di restoran. Gen Z dan milenial cenderung memilih menu makanan yang tampak paling bagus dan menarik di media sosial.

Kecenderungan untuk selalu tampil bagus di media sosial juga berpengaruh pada pemilihan tempat untuk makan. Gen Z cenderung memilih restoran yang viral di media sosial seperti TikTok dan Instagram dan memiliki makanan yang ‘Instagramable’ alih-alih mencari informasi melalui Google atau Google Maps.

Selain itu, masih menukil Business Insider, Gen Z juga lebih memilih untuk memesan takeaway dibanding makan di tempat. Jika makan di luar, mereka akan melakukannya secara beramai-ramai dibanding sendirian.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Gen Z Alami ‘Menu Anxiety’, Takut Pesan Makanan di Restoran […]

Disposable Email

Hi Neat post There is a problem along with your website in internet explorer would test this IE still is the market chief and a good section of other folks will pass over your magnificent writing due to this problem