Gara-gara Diperas Kartel Narkoba, Petani di Meksiko Melawan

by | Dec 29, 2023

Internasional | Kriminal | Meksiko | Narkoba

FOMOMEDIAKartel narkoba masih menghantui Meksiko. Bahkan, perlawanan terhadap kelompok itu harus melibatkan para petani.

Beberapa negara Amerika Latin identik dengan kartel narkoba, seperti Kolombia yang jadi salah satu negara terkenal dengan sejarah peredaran barang haram itu.

Namun, kali ini tidak hanya Kolombia yang memiliki kartel narkoba. Negara di Amerika Latin yang masih menghadapi kartel narkoba adalah Meksiko.

Ya, di negara ini masih terdapat kartel narkoba yang menjadi musuh masyarakat. Menurut laporan The Guardian, kartel narkoba di Meksiko bahkan terlibat konflik yang melibatkan warga.

Pada awal Desember 2023 ini, kartel narkoba Familia Michoacana diketahui telah menculik 14 warga desa Texcaltitlán. Penculikan tersebut juga turut menyasar anak-anak.

Penculikan yang dilakukan oleh gerombolan kartel itu bukan tanpa sebab. Mereka ingin menekan warga setempat lantaran adanya pemberontakan yang dilakukan oleh para petani di Texcaltitlán.

Para petani di desa Texcaltitlán dan desa tetangga melakukan pemberontakan terhadap kartel narkoba. Mereka melakukan perlawanan lantaran bosan merasa diperas.

Berbekal Sabit dan Senapan Berburu

Perlawanan yang dilakukan oleh warga desa Texcaltitlán itu memang menarik. Apalagi, perlawanan mereka hanya berbekal sabit dan senapan berburu saja.

Para warga desa Texcaltitlán dan desa tetangga melakukan pengejaran kepada orang-orang yang dicurigai sebagai anggota geng kartel. Gara-gara bentrokan warga dengan kartel narkoba itu, setidaknya terdapat 10 orang diduga anggota kartel dan empat korban warga desa yang tewas.

BACA JUGA:

Sementara itu, penculikan warga desa telah dilakukan pada Rabu (27/12/2023). Dari total warga yang diculik, terdapat tiga anggota polisi yang ditangkap lantaran sempat menghalangi jalan para kartel.

Namun, sejak terjadinya penculikan itu, para kartel narkoba justru tidak meminta adanya uang tebusan. Hal tersebut disampaikan oleh José Luis Cervantes, kepala jaksa di negara bagian Meksiko.

Masih menyitat The Guardian, penduduk desa itu justru mengatakan bahwa kartel narkoba Familia Michoacana menuntut mereka menyerahkan para pemimpin pemberontakan. Dengan begitu, para kartel akan membebaskan anak-anak dan orang dewasa yang diculik.

Beroperasi Sejak Lama

Familia Michoacana menjadi salah satu kartel yang terkenal di Meksiko, bahkan eksistensi kelompok itu sudah lama ada.

Konflik terhadap petani itu bukan kali ini saja terjadi. Orang-orang bersenjata yang berasal dari Familia Michoacana telah mendominasi wilayah Texcaltitlán dan sekitarnya. 

Keberadaan kartel ini semakin meresahkan warga. Mereka sering melakukan pemerasan di lini bisnis baik legal maupun ilegal. Geng itu juga dianggap sering melakukan pembakaran peternakan dan lahan pertanian warga yang tidak mau membayar.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

[…] pejabat kehakiman di Spanyol harus menanggung malu setelah tidak sengaja membebaskan gembong narkoba asal Belanda. Sosok Karim Bouyakhrichan, yang diduga pemimpin Mocro Maffia, dibebaskan dari penjara […]

[…] pihak kepolisian, penembakan dilakukan lantaran adanya perlawanan dari gembong atau pengedar narkoba. Namun, tak sedikit dari keluarga korban penembakan itu menyatakan bahwa polisi sering salah […]

Tree Mail

Its like you read my mind You appear to know so much about this like you wrote the book in it or something I think that you can do with a few pics to drive the message home a little bit but instead of that this is excellent blog A fantastic read Ill certainly be back