Ganjar & Anies Kompak: Sama-sama Tak Hadiri Undangan Partai Buruh di Hari Buruh

by | May 2, 2023

Ganjar Pranowo | Hari Buruh | Politik

FOMOMEDIA – Dua calon presiden (capres), Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, kompak tidak menghadiri undangan Partai Buruh untuk berorasi dalam peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) di Istora Senayan, Senin 1 Mei 2023.

Ketua Umum Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, pihaknya mengundang kedua capres untuk hadir dalam peringatan Hari Buruh Internasional. Namun, baik Ganjar maupun Anies sama-sama memutuskan untuk tidak hadir.

Said menduga, Ganjar tak menghadiri acara orasi itu karena sedang mempersiapkan kampanye Pemilu 2024. Meski demikian, pada Senin malam WIB, Said bersama sejumlah perwakilan serikat buruh diterima oleh Ganjar di Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Jakarta.

Ganjar yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sejak dicalonkan sampai Selasa (2/5), banjir dukungan. Ia kini telah mendapat dukungan dari empat partai politik (parpol), yaitu PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Adapun, menurut Said, kubu Anies sama sekali tidak merespons undangan dari Partai Buruh. “Kemudian pak Anies Baswedan tidak memberikan respons apa pun. Tidak ada sama sekali. Yang memberikan respons adalah pak Ganjar Pranowo tetapi tidak bisa hadir karena dipanggil partai politiknya,” kata Said, seperti dilansir Detik.

Klaim Said itu sendiri dibantah oleh Naufal Firman Yursak selaku perwakilan Tim Media Anies. Menurut Naufal, melalui akun Twitter-nya, @firmanyursak, Anies tidak pernah mendapatkan undangan apa pun.

“Pak Anies maupun timnya tidak pernah mendapatkan undangan dari KSPSI maupun Partai Buruh. Juga tidak pernah dihubungi oleh mereka,” tulis Naufal. “Jadi, kalau Said Iqbal bilang Pak Anies tidak memberikan respons, itu karena kami tidak pernah diinfokan apa pun oleh dia terkait agenda buruh di hari ini, 1 Mei 2023.”

Diketahui, melalui akun Facebook resminya, Anies sedang berada di Garut, Jawa Barat, pada Senin 1 Mei 2023. Dalam unggahan di Facebook itu, terlihat Anies sedang melihat-lihat domba yang pernah menang di berbagai ajang kontes perlombaan.

Selain Ganjar dan Anies, diketahui bahwa Partai Buruh juga mengundang Najwa Shihab. Najwa sendiri merupakan satu dari empat capres yang diusung Partai Buruh. Namun, dalam acara May Day kemarin, Najwa tidak hadir.

Menurut Said, Najwa awalnya bersedia hadir, tapi ada kepentingan yang tidak bisa ditinggal. Pada akhirnya, tak ada satu pun capres yang hadir dalam orasi May Day Partai Buruh.

Penulis: Sunardi

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] May Day atau Hari Buruh Internasional diwarnai dengan aksi bakar baliho bergambar para pejabat. Aksi yang digelar di Jalan Medan Merdeka […]