Fotografer Ini Bikin Ratusan Anjing dapat Adopter

by | Oct 17, 2023

Adopsi Hewan | Anjing | Fotografi | Kisah Inspiratif

FOMOMEDIA – Seorang fotografer perempuan suka jalan-jalan sambil memotret anjing. Rupanya, itu membantu anjing yang dipotretnya bertemu keluarga angkat.

Demi memotret pemandangan, fotografer Rachael Rodgers sering melakukan perjalanan ke berbagai lokasi: hutan, danau, sungai, gunung, dan jenis tempat lain yang umum dikunjungi orang seprofesinya.

Rodgers dikenal di Instagram karena ia rajin mengunggah foto teman-teman seperjalanannya. Teman-teman Rodgers sangat menarik perhatian, bukan hanya karena ia memotret mereka dengan bagus, melainkan karena mereka bukan manusia. Mereka anjing.

Ratusan anjing telah menemani perempuan itu mengunjungi sudut-sudut Kanada dan tiga wilayah Amerika Serikat—Washington, Utah, dan Oregon.

Anjing-anjing yang ia bawa dalam perjalanan adalah anjing-anjing dari penampungan. Upayanya mendokumentasikan tingkah anjing-anjing itu saat di mobil, perahu, ataupun alam liar rupanya membuat orang tertarik mengadopsi mereka.

Ratusan anjing yang pernah ia unggah ke akun Instagram @trailsandbears sudah mendapatkan adopter. Hanya beberapa yang masih menemani Rodgers.

Paddy, Aurora, dan Wilma. Tiga teman perjalanan Rodgers yang masih belum diadopsi.

Mulanya Hanya Unggahan Instagram

Kini, memotret anjing sambil traveling menjadi proyek utama Rodgers. Ia suka jalan-jalan bersama anjing dan senang membantu mereka bertemu keluarga baru. Namun, ini sebenarnya hal yang tak pernah ia rencanakan.

“Aku baru sadar kalau aku punya lebih banyak pengikut di Instagram, jadi aku merasa perlu mengunggah foto-foto personalku juga. Maka kuputuskan jadi relawan di penampungan untuk membawa anjing jalan-jalan, lalu memotret dan mengunggah foto mereka,” tutur Rodgers.

Foto pertamanya viral. Sejak itu, ia rutin menjemput anjing-anjing dari penampungan untuk diajak mendaki atau berperahu. Perempuan itu kini bekerja sama dengan 20 penampungan.

Saat melakukan perjalanan pribadi, Rodgers mengunjungi penampungan di sepanjang perjalanan dan menawarkan diri untuk mengajak anjing-anjing berjalan-jalan lalu memotret mereka.

“Aku sempat kesulitan beberapa tahun lalu saat mendatangi penampungan. Aku dapat tatapan aneh dan banyak yang menolak,” aku Rodgers.

Seiring akun Instagram-nya makin terkenal, kesulitan itu memudar. “Tapi sekarang, seringkali aku tidak perlu menjelaskan apa yang mau kulakukan.”

Menyesuaikan Kepribadian para Anjing

“Aku melakukan ini secara tidak sengaja. Karena tiba-tiba aku punya audiens dan kemampuan untuk mengubah nasib anjing-anjing itu,” jelas Rodgers.

Fotografer asal Kanada itu selalu mencoba untuk menangkap kepribadian masing-masing anjing dalam fotonya. Agar bisa menampilkan kekhasan mereka pada para calon adopter, ia menyesuaikan aktivitasnya dengan yang anjing yang ia jemput.

“Aku biasanya menempuh 60 sampai 90 menit ke segala arah dari tempat tinggalku untuk mulai bertualang,” katanya. “Aku membuat rencana yang fleksibel berdasarkan informasi yang kudapat sebelumnya tentang anjing tersebut.”

Menurut Rodgers, penting sekali untuk menampilkan anjing-anjing dari penampungan di dunia luar.

“Kau tak bisa menilai seekor anjing berdasarkan karakteristiknya di dalam penampungan—itu bukan ruang yang natural untuk mereka,” jelas Rodgers. “Sangat penting untuk membawa mereka ke lingkungan alami dan melakukan hal-hal yang mungkin akan dilakukan oleh keluarga angkat mereka.”

Rodgers biasanya memposting video anjing-anjing itu saat duduk di bangku belakang dalam perjalanan mobil. Sehingga orang dapat melihat bagaimana respons mereka saat naik mobil.

Menyelamatkan anjing-anjing liar di penampungan adalah sebuah usaha mulia. Namun, untuk mempertemukan para anjing dengan keluarga angkat yang akan menyayangi mereka, diperlukan kerja-kerja lebih lanjut. Salah satunya adalah mempresentasikan mereka dengan baik.

Rodgers mulai melakukan ini tanpa sengaja. Ia terus melanjutkannya karena itu membuatnya, dan para anjing, bahagia.

Penulis: Ageng

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments