Fantastis, Katy Perry Berhasil Jual Hak Musiknya Rp3,4 Triliun

by | Sep 21, 2023

Bisnis | Hiburan | Katy Perry | Litmus Music | Musik

FOMOMEDIA – Hak musik lagu Katy Perry yang dijual triliunan telah menandakan bahwa karyanya tak pernah mati. Sang diva yang jarang manggung itu tetap memiliki nilai prestise.

Katy Perry akhirnya berhasil menjual hak musiknya sebesar 225 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp3,4 triliun kepada Litmus Music. Anak perusahaan Carlyle Group tersebut mengumumkan pembelian tersebut pada Senin (19/9/2023) lalu.

Variety melaporkan bahwa kesepakatan pembelian mencakup kepemilikan Perry atas rekaman master dan hak penerbitan untuk lima album yang dirilisnya dari 2008 hingga 2020. Kelima album tersebut yaitu One of the Boys (2008), Teenage Dream (2010), Prism (2013), Witness (2017), dan Smile (2020).

Beberapa album tersebut secara kolektif mencatat 16 single multi-platinum. Sebelum berpindah tangan ke Litmus, album-album tersebut cukup lama dimiliki oleh Universal Music Group.

“Katy Perry adalah seorang visioner kreatif yang telah memberikan pengaruh besar di bidang musik, TV, film, dan filantropi. Saya merasa sangat terhormat bisa bermitra lagi dengannya dan membantu Litmus mengelola repertoarnya yang luar biasa,” kata McCarroll, salah satu pendiri Litmus Music, dikutip dari Variety.

Sementara itu, Hank Forsyth, juga salah satu pendiri dan CEO Litmus Music, menyebut lagu-lagu Perry memang jadi salah satu bagian penting dari tatanan budaya global saat ini. 

“Kami sangat bersyukur bisa bekerja sama lagi dengan mitra terpercaya yang integritasnya terpancar dalam segala hal yang dia lakukan,” ujar Forsyth.

Memperlambat Karier

Sosok Katy Perry memang tidak asing dalam blantika musik. Penyanyi kelahiran Santa Barbara, California, AS, 25 Oktober 1984, tersebut sempat mencapai puncak kariernya pada 2010-an. 

Beberapa single yang ia bawakan sempat mendobrak budaya pop waktu itu. Lagu “Roar” dan “Firework” jadi salah dua yang digandrungi kawula muda.

Di tahun sama, Perry menikah dengan Russell Brand. Namun, baru dua tahun berjalan hubungan Perry dengan Brand harus kandas. 

Sejak saat itulah sosok Perry semakin jarang terlihat tampil di atas panggung. Salah satu yang mendasari hal tersebut adalah ia memilih fokus pada bisnis residensinya di Las Vegas. 

Tak hanya itu saja, Perry pun kemudian memilih pekerjaan di bidang filantropis. Kini, ia bersama pasangannya, Orlando Bloom, fokus bersama membangun kehidupan baru.

Selain memilih fokus pada keluarga, Perry sejak 2018 ditunjuk jadi seorang juri di American Idol. Fox Business menyebut pemilik nama lengkap Katheryn Elizabeth Hudson tersebut sempat mendapat kecaman oleh penonton acara itu gara-gara omongannya yang ketus.

Pada 2024 mendatang ia dipastikan akan tampil sebagai juri lagi di acara pencarian bakat Negeri Paman Sam itu. Meski kini ia tidak banyak tampil di panggung, Perry tetap memiliki banyak penggemar. 

Hak musiknya yang dibeli triliunan tersebut menandakan bahwa karyanya memang mahal sebagai seorang diva.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments