Eras Tour Taylor Swift Dinobatkan Jadi Tur Musik Terlaris Sepanjang Masa

by | Dec 14, 2023

Hiburan | Musik | Rekor Dunia | Taylor Swift

FOMOMEDIAEras Tour Taylor Swift dinobatkan sebagai tur terlaris sepanjang masa. Padahal, tur tersebut masih berjalan hingga November 2024.

Berbagai penghargaan masih belum berhenti menghampiri Taylor Swift pada tahun ini. Setelah dinobatkan sebagai Person of the Year Majalah TIME 2023, kini Guinness World Records menobatkan Eras Tour sebagai tur musik terlaris sepanjang masa.

Tur musik yang dimulai dari 17 Maret 2023 hingga 23 November 2024 ini diketahui telah menghasilkan pendapatan hingga lebih dari 1 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Jumlah tersebut masih akan terus bertambah mengingat tur yang masih berjalan.

Menurut Guinness World Records, Eras Tour telah memecahkan rekor yang dibuat oleh tur perpisahan Elton John. Dalam tur John, diketahui telah berakhir pada awal tahun ini. Selama itu pula, tur John tersebut telah menghasilkan 939 juta dolar AS.

Gara-gara Konser Difilmkan

Sementara, tur Swift yang baru digelar selama enam kali konser itu telah mendapat torehan tersendiri. Apalagi, belum lama ini Era’s Tour telah difilmkan dengan tajuk Taylor Swift: The Eras Tour.

Taylor Swift: The Eras Tour memang sengaja dibikin. Hal tersebut menjadi salah satu strategi Swift ketika dirinya tidak mampu melakukan tur di seluruh negara di dunia. 

Melalui film, Swift mengajak penggemarnya untuk menghadiri Era’s Tour di bioskop. Taylor Swift: The Eras Tour bahkan digadang-gadang menjadi film konser terlaris. Nilai pendapatan film tersebut bahkan melampaui Oppenheimer dan Barbie.

Dalam Taylor Swift: The Eras Tour, Swift ditampilkan begitu apik. Para Swifties diajak melihat perjalanan semua era yang telah dilalui sang diva.

Pengaruh film konser itu begitu luar biasa. Antusiasme para penggemar Swift sejagat begitu membludak. Mulai dari hotel, penjualan tiket selama tur langsung ludes disikat para penonton.

Baca juga:

Raih Banyak Penghargaan

Penobatan Person of the Year Majalah TIME memang bukan barang baru bagi Swift. Pada 2017, Swift telah meraih penghargaan serupa gara-gara dirinya menginspirasi para perempuan berbicara tentang pelanggaran seksual. 

Penghargaan dan popularitas Swift semakin melejit. Selain itu, adanya rekaman ulang beberapa albumnya telah menaikan popularitas Swift. 

Salah satu album rekaman ulang yang laris manis di pasaran yakni 1989. Album tersebut juga dinobatkan menjadi terlaris pada 2023 ini.

Rekor lain yang pernah diraih Swift pada 2023 ini seperti penghargaan album simultan paling banyak di Billboard 200 AS. Penghargaan tersebut ditujukan kepada artis yang masih hidup dengan 10 albumnya masuk chart di waktu yang sama.

Selain itu, pada Agustus 2023 lalu, Spotify merilis laporan bahwa Swift telah membuat sejarah sebagai perempuan dengan pendengar bulanan terbanyak. Ia menjadi perempuan pertama yang mampu mengumpulkan 100 juta pendengar bulanan.

“Dengan rencana untuk merilis lebih banyak musik dan melanjutkan tur pemecahan rekornya, kami yakin Taylor Swift akan meraih lebih banyak gelar Guinness World Records pada tahun 2024!” kata keterangan Guinness World Records melalui laman resminya.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Salsa

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Eras Tour Taylor Swift Dinobatkan Jadi Tur Musik Terlaris Sepanjang Masa […]

[…] Taylor Swift kembali menjadi sorotan. Setelah ia menjadi korban deepfake pornografi yang dibuat lewat kecerdasan buatan, kali ini penyanyi berusia 34 tahun itu dituduh sebagai “aset Pentagon”. […]

[…] dan paling dominan di industri musik. Hak cipta dan musisi yang dipegang perusahaan ini meliputi Taylor Swift, Harry Styles, The Beatles, Bob Dylan, Elton John, Drake, Sting, The Weeknd, Kendrick Lamar, SZA, […]