Empat Anggota BTS Mulai Proses Wajib Militer

by | Nov 24, 2023

BTS | Korea Selatan | Musik

FOMOMEDIAPentolan BTS akan menjalani wajib militer. Meski sudah berkontribusi terhadap pendapatan negara, hal tersebut tidak menjadi pengecualian grup K-Pop itu.

Para pentolan BTS dikabarkan telah mendaftar wajib militer (wamil). Hingga saat ini masih tersisa empat anggota band yang belum menjalani bela negara.

RM, Jimin, V, dan Jungkook jadi anggota BTS yang belum menjalani wamil. Saat ini, mereka baru berada pada tahap pendaftaran. Empat personel tersebut pun meminta dukungan kepada para penggemarnya supaya bisa selamat hingga wamil berakhir. 

“Kami ingin memberi tahu penggemar kami bahwa RM, Jimin, V, dan Jungkook telah memulai proses wajib militer,” tulis label musik Big Hit Music, dikutip dari BBC.

“Kami meminta cinta dan dukunganmu yang tiada henti,” lanjut keterangan tersebut.

Sementara, tiga anggota BTS lainnya sudah lebih dahulu menjalani kewajiban itu. Mulai dari Suga, Kim Seok-jin, dan J-Hope sedang bertugas bagi negaranya.

Di Korea Selatan (Korsel), wamil memang harus diikuti oleh semua laki-laki yang memiliki berbadan sehat. Selain itu, syarat lain yang dibutuhkan yakni ketika laki-laki tersebut sudah berusia 28 tahun, wamil langsung menanti.

Hiatus Sejak Juni 2023

BTS memutuskan untuk mengizinkan anggotanya hiatus sejak Juni 2023 lalu. Wamil membuat para personel harus menjalankan kewajiban sebagai warga negara Korsel.

Seok-jin yang kini berusia 30 tahun menjadi pentolan pertama menjalani wamil. Ia sudah sejak tahun lalu mengambil cuti dari BTS.

Pada tahun ini, tepat pada April lalu, J-Hope menyusul. Kemudian, personel lain yang menjalani wamil yakni Suga. Ia per 22 September 2023 lalu resmi mengikuti bela negara.

Keikutsertaan BTS dalam wamil sempat menimbulkan perdebatan. Pasalnya, salah satu grup K-Pop tersebut turut berperan menyumbang pendapatan dengan total miliaran dolar dan meningkatkan citra Korsel.

Sementara, dengan ikutnya para pentolan BTS untuk wamil, hal itu justru akan membuat pertumbuhan K-Pop melambat. 

Hingga saat ini, Korsel hanya mengecualikan sebagian orang yang bergerak di beberapa bidang. Mulai dari para atlet yang pernah meraih medali Olimpiade dan beberapa musisi klasik.

Namun, pengecualian tersebut tidak berlaku bagi para bintang K-Pop.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Empat Anggota BTS Mulai Proses Wajib Militer […]

[…] Empat Anggota BTS Mulai Proses Wajib Militer […]