Eiichiro Oda Harus Operasi Mata, One Piece Libur Sebulan

by | Jun 8, 2023

Eiichiro Oda | Kesehatan | One Piece

FOMOMEDIA – Mangaka Eiichiro Oda harus menjalani operasi mata dan penerbitan One Piece akan tertunda selama satu bulan. Get well soon, Oda Sensei!

Bagi kalian para pencinta manga One Piece, siap-siap bersabar lebih lama menunggu keluarnya jilid terbaru. Sebab, sang mangaka Eiichiro Oda dikabarkan akan menjalani operasi selama empat pekan ke depan.

Dilansir Anime News Network, Oda mengumumkan pada Selasa (6/6/2023) bahwa dirinya akan hiatus dari 19 Juni hingga 10 Juli 2023. Oda harus mengambil menjalani operasi mata tersebut lantaran astigmatisme yang dideritanya.

Astigmatisme merupakan masalah mata yang umum terjadi akibat kelainan bentuk kornea. Gejala astigmatisme yang terjadi pada tiap orang akan berbeda. Namun, salah satu yang menjadi ciri astigmatisme adalah penglihatan kabur dan kesulitan melihat saat malam hari.

Dikutip dari halodoc.com, astigmatisme umumnya muncul sejak lahir. Namun, penyakit tersebut juga bisa disebabkan oleh cedera yang dialami mata.

Termasuk yang dialami Oda. Gangguan penglihatan mata yang disebabkan lengkungan lensa atau kornea membuat penglihatan terasa kabur. Kondisi tersebut akhirnya berdampak pada pekerjaannya membikin komik. 

Usai berdiskusi dengan editornya, akhirnya ia memutuskan menjalani operasi. Oda pun berencana akan kembali menggambar dengan kekuatan penglihatan yang baru pascaoperasi.

Break Terpanjang Publikasi One Piece

Tak ada yang menyangka bahwa One Piece akan libur selama sebulan penuh. Libur selama sebulan penuh ini juga menjadi salah satu libur terpanjang dalam sejarah publikasi manga populer tersebut. Biasanya, manga One Piece hanya libur sepekan dalam sebulan.

One Piece terbaru chapter 1.086 direncanakan terbit pada 12 Juni 2023. Setelah itu, One Piece chapter 1.087 kemungkinan akan rilis kembali pada 18 Juli 2023.

“Kami mohon maaf karena membuat pembaca kami menunggu. Dimulainya kembali dijadwalkan untuk edisi ke-33 yang akan dirilis pada Selasa (18/7/2023),” tulis keterangan akun Twitter @Eiichiro_Staff

Dalam pengumuman tersebut, Oda digambarkan akan kembali dengan penglihatan seperti karakter Franky dalam One Piece yang menembakkan sinar laser dari matanya.

Alami Masalah Kesehatan Lain

Selain astigmatisme, diketahui bahwa Oda juga mengalami masalah kesehatan lainnya. Dalam wawancara yang dikutip oleh Anime Hunch tahun 2022, ia mengatakan harus lebih banyak istirahat saat bekerja.

Oda yang kini berusia 48 tahun itu juga sering mengatur kenaikan berat badan dengan tidak makan selama beberapa hari. 

“Sejak saya memulai serial ini, saya mulai menjadi gemuk. Sudah biasa bagi saya untuk tidak makan selama 2-3 hari, dan saya bahkan tidak sempat makan karena merasa ngantuk saat itu,” kata Oda.

“Itu sebabnya saya biasanya tidak makan sebanyak orang lain, karena kalau tidak saya bisa makan banyak. Tubuhmu mulai merasa lemah dan terancam, sehingga menyerap apa pun yang kamu telan,” lanjutnya.

Perkembangan usianya tersebut memengaruhi bagaimana ia menggambar pertarungan antara Luffy dan Kaido yang sudah berakhir. Ia pun kini fokus pada pemeliharan tubuhnya.

“Semakin tua usiamu, semakin sulit dan melelahkan menggambar pertarungan, bukan?” kata Oda.

Penulis: Sunardi

Editor: Yoga

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments