Duet Budi-Kaesang Mantapkan Politik Famili Jokowi dan Prabowo

by | May 31, 2024

Budisatrio Djiwandono | Kaesang Pangarep | Pilkada | Politik
budi-kaesang

FOMOMEDIAWacana duet Budi-Kaesang digadang-gadang bakal memperkuat hubungan politik keluarga Jokowi dan Prabowo.

Sejak putusan Mahkamah Agung terkait batas usia calon kepala daerah, muncul beberapa nama pasangan calon yang berpotensi maju. Dari nama-nama beredar, salah satu yang menjadi sorotan publik adalah duet Budisatrio Djiwandono dan Kaesang Pangarep.

Wajah dua orang itu telah bertebaran dalam bentuk poster maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Budi-Kaesang dianggap cocok berkontestasi di Pilkada Jakarta tahun ini.

Dalam ranah politik, kedua orang tersebut digadang-gadang menjadi representasi perwakilan anak muda. Saat ini Budi diketahui berusia 42 tahun, sedangkan Kaesang 29 tahun.

Punya Daya Tawar

Jika dilihat dari karier politik, baik Budi dan Kaesang sudah sama-sama terjun. Budi saat ini diketahui telah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. Sedangkan, Kaesang memiliki posisi yang tak kalah strategis, yakni Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad turut memberikan sinyal dukungan kepada ponakan presiden terpilih Prabowo Subianto dan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dukungan tersebut muncul dalam unggahan akun Instagram pribadi Dasco.

“Budisatrio Djiwandono-Kaesang Pangarep For Jakarta 2024,” tulis Dasco.

Sementara itu, menyitat laporan Tempo, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan bahwa partainya tengah menyiapkan Budi untuk berlaga di Pilkada Jakarta 2024. Menurutnya, Budi adalah kandidat yang sedang dimatangkan.

BACA JUGA:

“Budi Djiwandono adalah salah satu kandidat yang sedang kita matangkan untuk memimpin Jakarta,” kata Muzani, dikutip dari Tempo.

Tak jauh beda dengan Gerindra, Dewan Pimpinan Wilayah PSI DKI Jakarta, August Hamonangan, mengatakan bahwa partainya saat ini menerima aspirasi dan masukan dari masyarakat.

β€œSaat ini kami terus melakukan penjaringan untuk mencari kandidat terbaik yang satu visi dan misi dengan PSI,” ucapnya, dikutip dari Tempo.

Meski demikian, putusan dari PSI tetap berada di tangan DPP PSI.

Hubungan Politik Keluarga Semakin Rekat

Adanya duet Budi-Kaesang jelas menjadi fenomena politik tersendiri. Salah satunya yang tak bisa dilepaskan adalah hubungan politik keluarga Prabowo dengan Jokowi.

Sebelumnya, sosok Prabowo dan Jokowi dalam kontestasi Pilpres 2019 adalah rival. Namun, Jokowi dianggap mampu merangkul lawan politiknya itu. Prabowo diangkat menjadi salah satu menterinya.

Kini, ketika Jokowi tidak bisa mencalonkan diri lagi, ia justru menduetkan anaknya untuk bisa menjadi wakil Prabowo. Strategi ini terbukti ampuh dan kemenangan telak.

Dengan mendekat ke Prabowo, di sisi lain Jokowi juga dianggap semakin meninggalkan PDIP. Dalam kontestasi Pilpres 2024, partai berlogo banteng tersebut memiliki jagoan sendiri, sedangkan Jokowi mendukung putranya.

Selain dalam kontestasi Pilpres, mendekatnya keluarga Jokowi juga terlihat pada menantunya, Bobby Nasution, yang saat ini sebagai Wali Kota Medan.

Tak cukup menyandang status itu, Bobby berhasrat untuk maju menjadi bakal calon Gubernur Sumatra Utara. Untuk mengakomodasinya, maka dirinya mendaftarkan diri sebagai kader Gerindra. Padahal, sebelumnya adalah anggota PDIP.

Kini, duet dari Budi-Kaesang makin menyolidkan hubungan Jokowi dan Prabowo.

Penulis: Sunardi

Editor: Safar

Ilustrator: Vito

BAGIKAN :

ARTIKEL LAINNYA

KOMENTAR

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

[…] Duet Budi-Kaesang Mantapkan Politik Famili Jokowi dan Prabowo […]

[…] Duet Budi-Kaesang Mantapkan Politik Famili Jokowi dan Prabowo […]